Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Gelontorkan 1 Miliar Dollar AS ke India untuk Online-kan Pedagang Kecil

Kompas.com - 16/01/2020, 05:28 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Reuters

NEW DELHI, KOMPAS.com - Bos Amazon, Jeff Bezos berencana akan menginvestasikan 1 miliar dollar AS untuk mendorong bisnis kecil di India masuk ke jaringan online.

Perusahaanya sendiri yaitu Amazon dan Walmart's Flipkart baru-baru ini dikritik oleh para pengecer. Mereka menuduh menuduh bahwa dua perusahaan AS ini telah melanggar hukum India dengan memberikan diskon besar-besaran yang berdampak pada terjadinya diskriminasi terhadap penjual kecil.

Perusahaan Amazon dengan tegas membantah tuduhan itu.

Mengutip dari Reuters, Kamis (16/1/2020), baru Minggu ini Komisi Persaingan India meluncurkan penyelidikan untuk memeriksa dugaan tersebut.

Baca juga: Satu Ide Sederhana Ini Mampu Melejitkan Bisnis Amazon

Sementara itu, Amazon merespons tuduhan itu dengan menyiapkan pusat-pusat digital di 100 kota dan desa di India untuk membantu bisnis online untuk menjual barang-barang mereka dan akan dipasarkan.

Melalui investasi 1 milliar dollar AS, Amazon akan membantu membawa lebih dari 10 juta bisnis India Online dan memungkinkan ekspor barang-barang buatan India senilai 20 miliar dollar AS pada tahun 2025.

Sementara itu Konfederasi Pedagang India yang mewakili sekitar 70 juta para pengecer mengatakan akan melakukan protes di 300 kota selama kunjungan Bezos.

"Kamu tidak mampu bersaing dikarenakan ada kompetisi yang tidak sehat," ujar Grish Prasad Ratha seorang demonstran.

Girish Prasad Ratha merupakan seorang demonstran yang mengaku bahwa ia kehilangan 25 persen dari penjualannya karena adanya penjualan secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com