Kuartal I 2020, Jiwasraya Janji Akan Cicil Pembayaran Nasabah yang Tertunggak

Kompas.com - 16/01/2020, 06:41 WIB
Ilustrasi Jiwasraya KONTAN/Cheppy A. MuchlisIlustrasi Jiwasraya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menyebutkan, pada kuartal I 2020 pembentukan holding sudah dilakukan sehingga profit akan digunakan untuk pembayaran polis yang tertunggak.

"Kita tidak bisa spesifik tanggal berapa. Tapi yang jelas kuartal satu itu ada (profit) dari holding dan ada dari starting partner. Kemudian ada inisiatif lainnya yang sedang dirancang oleh pemerintah," ungkap Hexana di Gedung DPR / MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).

Hexana menyebutkan, pembayaran yang dilakukan bertahap bergantung pada profit yang diterima perusahaan.

"Ya bertahap. Tergantung profitnya, kan balanced Jiwasraya tidak memungkinkan melakukan pembayaran. Jadi solusi untuk membayar ya dari inisiatif yang kita kerjakan selama ini. Kita harus dapat profitnya dulu," jelasnya.

Baca juga: Kementerian BUMN Klaim Potensi Kerugian Kasus Asabri Lebih Kecil dari Jiwasraya

Hexana juga menyebutkan mekanisme perolehan profit, di mana setiap periode tertentu Jiwasraya akan menerbitkan instrumen yang di-subscribe oleh holding. Kemudian profitnya akan dipakai untuk menyelesaikan segala kewajiban perusahaan.

Hexana berharap langkah penyelamatan ini tidak terdistorsi oleh faktor lain sehingga langkah yang diambil sesuai dengan timeline dan bisa berjalan sesuai harapan.

Di sisi lain, Hexana enggan berkomentar terkait dengan penetapan lima tersangka dugaan kasus korupsi Jiwasraya yang susah ditetapkan oleh Kejaksaan Agung.

Hexana menyebutkan, masalah hukum tidak mengganggu jalannya proses restrukturisasi. Menurutnya, justru masalah hukum membuat lebih jelas bagi semua pihak.

"Mari kita hormati proses hukum. Saya tidak masuk ranah sana. Saya fokus pada merestrukturisasi dan melaksanakan inisiatif penyelesaian Jiwasraya," tegasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X