KILAS

Petani Cimahi Sudah Bisa Gunakan Kartu Tani, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 16/01/2020, 10:55 WIB
Kartu Tani Dok. KementanKartu Tani

KOMPAS.com – Kuota kartu tani untuk tahun 2020 sudah terisi sehingga para petani di Cimahi sudah bisa menggunakannya untuk mendapat pupuk bersubsidi.

Petani pun tidak perlu repot karena penggunaan kartu tani merupakan cara paling praktis dan efisien untuk mendapat pupuk bersubsidi dengan transaksinya yang mudah.

Manfaat kartu tani lainnya adalah, petani akan lebih aman karena mereka akan langsung mendapat pupuk.

Selain menguntungkan petani, penggunaan pupuk bersubsidi ternyata juga bermanfaat untuk negara karena memudahkan pemerintah mengontrol peredaran pupuk di Indonesia.

Baca juga: Tim Lintas Sektor Diterjunkan untuk Optimalkan Program Kartu Tani

"Pemerintah bisa menjadi lebih mudah mengontrol distribusi pupuk dan proses pertumbuhan tanaman,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian ( Kementan) Sarwo Edhy dalam keterangan tertulis (16/1/2020).

Ia melanjutkan, pemerintah juga akan dimudahkan dalam mengontrol hasil produksi pertanian yang sedang dijalankan para petani.

Penggunaan kartu tani, imbuh Dirjen PSP Kementan, membuat distribusi pupuk lebih aman, serta tepat waktu dan sasaran.

Alokasi pupuk yang terus diperbarui

Menurut Edhy, kartu tani berlaku untuk selamanya. Meski demikian, alokasi kuota pupuk akan selalu diperbarui karena kebutuhan masing-masing petani berbeda.

“Kebutuhan petani tergantung jenis komoditas yang diusahakan dan luas lahan. Selain padi, ada juga hortikultura,” lanjut dia.

Edhy pun yakin adanya kartu tani ditambah penerapan program Rancangan Definitif Kebutuhan Kelompok elektronik (e-RDKK) mampu menekan penyalahgunaan pupuk bersubsidi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X