Modernisasi Koperasi, Pemerintah Perlu Gandeng Milenial

Kompas.com - 16/01/2020, 19:49 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

KOMPAS.com - Pemerintah serius menjadikan Koperasi dan UMKM sebagai arus utama transformasi ekonomi.

Dalam Rapat Kerja dengan DPD RI pada Selasa (14/1/2020), Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengklaim ia diminta Presiden Jokowi untuk mendorong modernisasi koperasi.

"Modernisasi koperasi dilakukan dengan dua cara, yaitu ada manajemen yang kuat dan profesional, serta mulai mengaplikasi menerapkan teknologi tinggi agar koperasi juga bisa tumbuh, tidak terhalang oleh berbagai persyaratan birokrasi," kata Teten dalam pernyataan tertulis, Kamis (16/1/2020).

Untuk itu, praktisi koperasi milenial dan ekonomi kerakyatan Frans Meroga Panggabean mengatakan siap mendukung pemerintah mewujudkan hal tersebut.

Ia mengatakan masih banyak anak muda yang punya komitmen tinggi bagi kemajuan Koperasi dan UMKM.

"Anak muda profesional dan fasih teknologi digital siap terlibat untuk Koperasi dan UMKM dalam transformasi ekonomi," kata Frans dalam keterangan tertulis.

Koperasi modern

Wakil Ketua Nasari Sentra KUKM itu berkata bahwa contoh koperasi modern pun sudah banyak seperti Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari yang memiliki beberapa PT, dan bergerak di bidang outsourcing, sewa mobil, properti, konstruksi, dan multifinance.

Menurut dia, pelayanan anggota koperasi dengan online system dan teknologi digital pun sudah dilakukan di 45 kantor cabang.

"Alat ukur KPI penilaian kinerja yang profesional juga sudah diterapkan anggota Askopindo," ujar Ketua DPP Asosiasi Koperasi Simpan Pinjam Indonesia (Askopindo) itu.

Ia mengatakan ada 3 langkah yang dapat dilakukan guna mewujudkan modernisasi koperasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X