Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Sukses

Kompas.com - 17/01/2020, 13:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Semua orang, termasuk Anda, tentu ingin meraih kesuksesan, baik dalam karier, keluarga, dan kehidupan secara umum.

Meraih kesukesan bukan hal yang sulit, asalkan Anda berusaha. Akan tetapi, kebiasaan Anda pun bisa berdampak pada kesuksesan di masa depan.

Pembicara TEDx Laura Garnett bekerja sama dengan para CEO dan eksekutif untuk mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan unik yang dapat berujung pada kesuksesan.

Baca juga: Catat, 6 Kesalahan yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses

Dikutip dari Business Insider, Jumat (17/1/2020), berikut 7 kebiasaan yang bisa bikin Anda sukses.

1. Kerja cerdas, bukan kerja keras

Menurut Garnett, sebagaian besar eksekutif sukses yang dikenalnya tidak bekerja 90 jam dalam seminggu. Sebaliknya, mereka mencari cara untuk lebih efektif dalam mengelola waktu.

Bagaimana caranya? Identifikasikan waktu-waktu di mana Anda bisa bekerja dengan baik dan alokasikan waktu 1 hingga 2 jam untuk itu.

Ingat, istirahat juga penting. Untuk itu, Anda bisa mencoba teknik Pomodoro, yakni 25 menit kerja kemudian diikuti dengan 5 menit istirahat.

Namun demikian, Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kondisi Anda.

Baca juga: Ingin Sukses di 2020? Tinggalkan 6 Hal Ini

2. Menghargai diri sendiri

Garnett percaya bahwa setiap orang memiliki tipe pekerjaan dan pemikiran terbaik yang unik. Orang-orang sukses yang dikenalnya pun menghargai diri sendiri dan menggunakan potensi terbaiknya setiap hari.

Bagaimana caranya? Setiap hari, katakan pada diri sendiri bahwa, "Saya menghargai diri sendiri dan nilai yang saya bawa ke dunia ini."

Lakukan ini setidaknya dua kali sehari setiap hari dalam dua bulan. Anda akan segera merasakan betapa menakjubkannya kebiasaan ini.

3. Terus belajar

Menurut Garnett, orang-orang yang sukses tidak cepat berpuas diri. Mereka terus belajar dan mencari cara untuk terus tumbuh.

Bagaimana caranya? Dengan mudahnya memperoleh informasi, cukup dengan ujung jari, menambah pengetahuan menjadi hal yang amat mudah.

Pikirkan tentang keterampilan atau hal yang ingin Anda pelajari, kemudian cari buku, video, atau kelas-kelas yang akan menambah keahlian Anda.

Yang menjadi sulit adalah komitmen untuk belajar. Namun, Anda bisa membuatnya menyenangkan dengan memilih satu subjek per bulan dan traktir diri sendiri ketika sudah menyelesaikannya.

Baca juga: Ingin Anak Jadi Pebisnis Sukses? Ini 4 Tips dari Ibunda Elon Musk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com