Cabai Rawit Merah Capai Rp 90.000 Per Kg, Berapa Harga di Petani?

Kompas.com - 17/01/2020, 16:01 WIB
ilustrasi cabai rawit merah KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIilustrasi cabai rawit merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga cabai rawit merah di DKI Jakarta terus melonjak di awal 2020. Kamis (16/1/2020), harganya mencapai Rp 90.000 per kg.

Kepala Sub Direktorat (Subdit) Aneka Cabai dan Sayuran Buah Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Mardiyah Hayati mengungkapkan, harga cabai rawit merah di tingkat pedagang tersebut jauh dari harga di petani.

Menurut data yang diberikan Mardiyah, harga cabai rawit merah di petani hanya berkisar Rp 60.000 per kg. Terdapat disparitas harga yang besar antara petani dan pedagang.

"Pedagang yang bikin mahal. Pada saat harga (cabai rawit merah) Rp 6.000 (pada 2017) juga pedagang yang mengatur," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/1/2020).

Baca juga: Harga Cabai Rawit Capai Rp 90.000 Per Kg, Ini Kata Kementan

Meski begitu, Kementerian Pertanian juga mengatakan ada faktor penen cabai rawit merah yang belum maksimal di awal 2020 sehingga membuat terjadi lonjakan harga.

Selain itu ada juga faktor banjir hingga distribusi yang menyebabkan harga cabai rawit merah melonjak hingga Rp 90.000 per kg.

Mardiyah memperkiraan, jika tak hujan lebat, beberapa sentra cabai sudah bisa panen kembali pada Februari 2020. Alhasil harga cabai rawit merah dipercaya bisa kembali turun.

"Diperkirakan Februari mulai banyak panen," tungkasnya.

Baca juga: Musim Hujan Jadi Ancaman untuk Harga Cabai

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X