Cegah Kejahatan, LinkAja Gandeng Dukcapil

Kompas.com - 17/01/2020, 16:40 WIB
Pihak LinkAja bersama pihak Dukcapil KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIPihak LinkAja bersama pihak Dukcapil

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fintek Karya Nusantara ( LinkAja) menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan keamanan.

LinkAja menggandeng Dukcapil untuk melakukan proses Know Your Customer (e-KYC). Nantinya LinkAja akan secara otomatis memvalidasi data pengguna.

“Kerja sama ini juga akan mempermudah dan mempercepat proses validasi e-KYC yang kami miliki untuk para pengguna yang ingin meningkatkan akun layanannya menjadi full service," ucap Direktur Operasi LinkAja Haryati Lawidjaja, saat ditemui di Kuningan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Ia melanjutkan  melalui e-KYC yang diverifikasi oleh Ditjen Dukcapil, pihaknya berharap para pengguna LinkAja dapat memperoleh manfaat maksimal dari layanan LinkAja, seperti saldo maksimum yang lebih tinggi, dan keleluasaan untuk melakukan transaksi lainnya, seperti transfer dana dan penarikan tunai.

Baca juga: Tingkatkan Layanan ke Nasabah, PNM Gandeng Ditjen Dukcapil

Haryati berharap dengan menggandeng Dukcapil, ke depannya tidak ada lagi penyalahgunaan data pengguna oleh pihak tidak bertanggung jawab.

“Serta tidak menyalahgunakan hak akses atas data kependudukan yang telah diberikan kepada kami. Adanya kesesuaian validasi dan verifikasi identitas ini sangat penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi secara digital,” ujar Haryati.

Sebelumnya proses verifikasi dilakukan secara manual lewat pengenalan foto pengguna yang disesuaikan dengan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Mulai sekarang juga terhubung secara realtime dengan Application Programming Interface (API) data kependudukan yang dikelola oleh Ditjen Dukcapil.

Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunawan menyatakan, kerja sama ini membantu pemerintah untuk memerangi risiko pencucian uang maupun mencegah pendanaan terorisme.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X