Draft RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Rampung Senin Pekan Depan

Kompas.com - 17/01/2020, 19:25 WIB
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERASekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menyelesaikan proses pembahasan substansi draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono memastikan bahwa naskah dan draf RUU akan selesai pada Senin (20/1/2020) mendatang.

Rencananya, pemerintah akan mempercepat penyusunan naskah akademik dan draf RUU hingga Minggu (19/1/2020) besok.

"Per hari senin baru ada draf RUU ( Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja). Pokok kebijakan sudah fix," ujar dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Baca juga: Buruh Bantah Telah Setujui Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Setelah terbit, pemerintah akan langsung mengirimkan draf RUU ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sehingga harapannya draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja bisa masuk ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020.

"Senin sudah punya naskah. Mudah-mudahan Selasa besok sidang paripurna bisa menentukan prolegnasnya," kata dia.

Setelah DPR setuju untuk memasukan RUU Omnibus Law ke Prolegnas, nantinya Presiden Joko Widodo langsung mengirimkan surat untuk melakukan pembahasan peraturan sapu jagat ini.

Sebagai informasi, pemerintah menyusun 11 klaster pembahasan dalam draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Klaster tersebut terdiri dari, penyederhanaan perizinan berusaha, persyaratan investasi, ketenagakerjaan, kemudahan pemberdayaan UMKM, kemudahan berusaha, dukungan riset inovasi, administrasi pemerintahan, pengenaan sanksi, pengadaan lahan, investasi dan proyek pemerintah, dan yang terakhir kawasan ekonomi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X