Karyawan Jangan Hanya Fokus Soal Gaji, Perhatikan Hal Penting Ini

Kompas.com - 18/01/2020, 14:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Punya gaji besar tentu menjadi keinginan setiap orang. Dengan gaji yang tinggi, segala kebutuhan yang diperlukan dan diinginkan bisa terpenuhi dengan mudah.

Hal ini pasti juga akan memberikan kemudahan pada Anda dalam mengatur kondisi keuangan pula. Tapi, sejatinya patokan untuk hidup sukses bukanlah gaji besar semata.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain memiliki gaji besar saat akan memilih pekerjaan. Pastikan gaji besar yang Anda terima layak dengan usaha serta beban yang ditanggung.

Saat akan menerima tawaran kerja dengan gaji yang besar, ada baiknya Anda mempertimbangkan risiko yang ada. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk memilih pekerjaan dengan gaji yang tinggi seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Pekerjaan itu Bikin Hidup Anda Tetap Bisa Seimbang?

Banyaknya tuntutan dari pekerjaan bergaji tinggi bisa membuat Anda menjadi terlalu sibuk. Hal ini tentu akan berimbas pada berkurangnya waktu yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Gaji besar memang penting dan dibutuhkan untuk kebahagiaan hidup Anda dan keluarga. Namun, quality time dengan orang terdekat juga merupakan hal yang sangat penting bagi Anda.

Jangan sampai karena masalah pekerjaan, Anda menjadi tidak memiliki waktu, baik untuk diri sendiri maupun buat keluarga. Keluarga Anda tentu membutuhkan keberadaan Anda sesering mungkin agar tetap selaras.

Maka dari itu, pertimbangkan kembali apakah gaji besar yang diterima bisa mengganggu kehidupan Anda dalam berkeluarga atau tidak? Apakah gaji besar itu tetap bisa membuat hidup Anda seimbang?

2. Bagaimana Kondisi Perjalanan ke Tempat Kerja itu?

Sebelum memutuskan untuk menerima pekerjaan dengan gaji besar, pastikan terlebih dahulu tempat kerja Anda bisa dijangkau dengan mudah. Jangan sampai karena perjalanan yang jauh membuat waktu Anda terbuang sia-sia.

Jalur perjalanan yang terbebas dari kemacetan juga perlu Anda siasati dengan baik. Perjalanan yang seringkali tersendat memiliki dampak pada kondisi kesehatan tubuh dan mental Anda.

Berdasarkan sebuah penelitian di Swedia, pekerja yang memerlukan waktu yang cukup lama dalam perjalanan ke kantor, memiliki risiko terserang beragam gangguan kesehatan dan mental.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X