5 Sifat Sukses Ala Para CEO Dunia

Kompas.com - 19/01/2020, 13:21 WIB
Elon Musk (kanan), pendiri dan CEO Tesla, serta Jack Ma, pimpinan UN High-Level Panel on Digital Cooperation, menjadi pembicara dalam acara World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai, 29 Agustus 2019. AFP/HECTOR RETAMALElon Musk (kanan), pendiri dan CEO Tesla, serta Jack Ma, pimpinan UN High-Level Panel on Digital Cooperation, menjadi pembicara dalam acara World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai, 29 Agustus 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses itu tidak mudah - dan tentu saja itu tidak akan terjadi dalam semalam. Namun ada ada beberapa hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk memastikan bahwa Anda dapat mencapai kesukdedan Anda.

Para pembisnis dunia seperti, pendiri Tesla Elon Musk dan hingga CEO Google dan Facebook, semua memandang kesuksesan sebagai perjalanan selama hidup mereka. Kuncinya adalah tetap sabar dan berkomitmen.

Dilansir dari CNBC, berikut ini adalah enam hal yang perlu Anda lakukan setiap hari jika Anda ingin sukses dalam hidup:

Baca juga: Ini 10 Kampus Pencetak Miliarder di Asia Pasifik

1. Membaca berbagai buku

Membaca adalah salah satu cara termudah untuk mempelajari pengalaman dari perspektif orang lain dan mengembangkan empati . Selain mempelajari hal yang Anda senangi penting untuk memperluas pengetahuan Anda di luar keahlian Anda.

Elon Musk sendiri merupakan pecinta buku, ia menyertakan karya fiksi ilmiah dan biografi sebagai beberapa hal penting dalam daftar bacaannya.

“Saya dibesarkan oleh buku. Buku, dan kemudian orang tua saya, ”kata Musk seperti dilansir dari CNBC, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Resign dari PNS, Pria Ini Jadi Miliarder Muda Singapura

2. Keluar dari zona nyaman

Mengembangkan keberanian untuk melakukan sesuatu di luar zona kenyamanan Anda adalah tanda bahwa Anda naik level dalam kehidupan Anda.

Jika Anda takut untuk melangkah keluar maka hidup akan jauh dari namanya kesuksesan.

Misalnya bila Anda benci berbicara di depan umum, cobalah belajar untuk percaya diri dan mulai tampil di depan umum. Meskipun Anda mungkin pada awalnya merasa sangat gugup sampai-sampai berakhir dengan keringat tapi pada akhirnya anda berhasil tampil di depan umum.

3. Olahraga

Dalam penelitian selama lima tahun terhadap orang-orang kaya, penulis Tom Corley menemukan bahwa berolahraga adalah sesuatu yang dilakukan berbagai orang sukses di dunia.

"Mereka yang kebiasaan berolahraga aerobik memiliki keunggulan kompetitif yang luar biasa dibandingkan mereka yang tidak," tulis dia dalam blognya.

Keuntungan itu termasuk IQ yang lebih tinggi, kemauan keras, kepercayaan diri, dan energitik hingga 20 persen lebih banyak daripada orang biasa.

Sejumlah miliarder, termasuk Oprah Winfrey, Sheryl Sanberg dan Richard Branson, memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian mereka.

Penelitian bahkan menemukan bahwa sedikit olahraga harian dapat secara signifikan membantu memperpanjang usia hidup Anda.

4. Berderma

Orang-orang yang benar-benar sukses memahami pentingnya untuk memberi kesesama terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Pada tahun 2010, Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffett memulai Giving Pledge, sebuah komitmen oleh individu dan keluarga kaya untuk memberikan lebih dari setengah kekayaan mereka untuk pengentasan kemiskinan dan kesehatan global.

Terbukti suka memberi adalah sifat dasar dari orang yang sukses. Anda bisa juga bisa melakukan hal itu dengan hal-hal simpel seperti membantu teman anda yang kesulitan atau orang tua.

Baca juga: Ingin Sukses di 2020? Tinggalkan 6 Hal Ini

5. Keluar dan pikirkan

Semua orang tahu kita semua saat ini terlalu banyak menghabiskan waktu untuk handphone. Tanpa kita sadari manusia diciptakan bukan untuk berdiam diri di rumah, namun bereksplorasi dan berpikir.

Sebuah studi dari American Psychology Association menemukan bahwa jalan-jalan di luar ruangan dapat meningkatkan kreativitas dan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah.

"Biasanya orang menghasilkan ide-ide baru di hari kerja, mereka berjalan-jalan dahulu keluar," tulis para peneliti.

Mark Zuckerberg, Richard Branson dan CEO di Google dan LinkedIn juga suka mengadakan pertemuan dengan berjalan kaki untuk bertukar pikiran konsep baru.

"Saya menemukan ini sebagai cara yang jauh lebih cepat untuk memulai bisnis, membuat keputusan dan menyelesaikan kesepakatan," tulis Branson dalam blog-nya.

"Plus, itu cara yang bagus untuk berolahraga kecil dan tetap fokus pada hari yang sibuk," tambahnya.

Baca juga: Catat, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Sukses

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X