Dibuka Melemah, Rupiah Hari Ini Masih Ada Peluang Menguat

Kompas.com - 21/01/2020, 09:01 WIB
Ilustrasi rupiah. THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDIIlustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Rabu (21/1/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 08.44 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.655 per dollar AS atau melemah 0,12 persen dibandingkan penutupan Senin Rp 13.640 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut, meskipun rupiah dibuka melemah, namun rupiah masih berpotensi menguat meski tipis.  Rupiah masih mendapat topangan dari sentimen kesepakatan dagang AS-China.

"Sentimen positif dari penandatanganan hubungan dagang AS-China masih akan mendukung penguatan rupiah hari ini," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Hari Ini, Rupiah Ditutup Menguat

Di sisi lain, Ariston mengatakan, pelaku pasar harus mewaspadai sentimen negatif dari prediksi IMF mengenai pertumbuhan ekonomi global yang semakin melambat.

IMF memangkas prediksi pertumbuhan global 2020 dari 3,4 persen menjadi 3,3 persen karena pelambatan pertumbuhan di India dan emerging markets.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sentimen negatif ini bisa menahan penguatan rupiah terhadap dollar AS," ungkapnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 13.600 per dollar AS sampai dengan Rp 13.700 per dollar AS.

Baca juga: Soal Insentif untuk Direksi Miliaran Rupiah, Ini Kata BPJS Kesehatan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X