Kompas.com - 21/01/2020, 10:37 WIB
Ilustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. SHUTTERSTOCK/NandotIlustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) turut fokus mendorong inklusi keuangan di segala lapisan masyarakat.

Pada 2019 lalu pun perseroan diganjar penghargaan sebagai bank terbaik dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Upaya BRI dalam mewujudkan inklusi keuangan yang merata tersebut dibarengi dengan sejumlah kegiatan sosial yang masuk dalam Program Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Sosial Responsibility (CSR), terutama melalui pelaksanaan Program Bina Lingkungan yang dikenal dengan nama BRI Peduli.

Baca juga: OJK Nyatakan 6 Direksi BRI Lulus Fit and Proper Test

Pekan lalu, misalnya, pimpinan BRI mengunjungi Panti Wreda Tresna Budi Mulia 3, di kawasan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Menurut Direktur Human Capital BRI Herdy Rosadi Harman, bukan hal baru bagi para pimpinan BRI untuk melakukan kegiatan sosial semacam ini. Sebab, dalam melaksanakan transformasi, BRI mencetak pemimpin melalui program pelatihan BRILiaN Leader Development Program (BLDP).

Kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Dok. BRI Kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam program pelatihan tersebut, para pimpinan mulai dari level Asistant Vice President dan Executive Vice President, dibekali pembentukan karakter kepemimpinan yang terdiri dari profesional dan leadership kompetensi BRI.

"Salah satu kurikulumnya adalah terkait social need orientation, antara lain kegiatan bakti sosial ke panti jompo," terang Herdy dalam keterangannya, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Pertama di BUMN, BRI Luncurkan Pinjaman Online

Kemudian, lanjut Herdy, melalui BRI Peduli, pihaknya telah berkomitmen melakukan kegiatan
yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Selain itu, sesuai prinsip inklusif, yang bermakna program tanggungjawab sosial yang dilaksanakan dipastikan menyasar kepada kelompok rentan (vulnerable) maupun kelompok masyarakat yang terdampak langsung operasional perusahaan.

"Karena itu, kami ingin membangun inklusi keuangan dengan hati nurani. Begitu juga dengan upaya meraih pertumbuhan eksponensial, kami juga ingin agar hal ini dibarengi dengan compassion atau kasih sayang dengan sesama," tuturnya.

Realisasi penyaluran program BRI peduli terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2016, total dana yang sudah disalurkan mencapai Rp 132,71 miliar.

Kemudian pada tahun berikutnya, jumlah tersebut naik menjadi Rp 150,35 miliar. Pada 2018, jumlah dana yang telah disalurkan pun kembali meningkat menjadi Rp 163,63 miliar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.