Jokowi Ingin Puncak Waringin Jadi Tempat Nongkrong Orang Kreatif

Kompas.com - 21/01/2020, 11:36 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Puncak Waringin, Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (10/7/2019). ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo meninjau Puncak Waringin, Labuan Bajo, Flores, NTT, Rabu (10/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) sempat menyambangu Puncak Waringin saat kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi ingin menjadikan Puncak Waringin sebagai creative hub untuk pengembangan produk-produk UMKM lokal. Selain itu, tempat tersebut juga diproyeksikan sebagai etalase penjualan produk-produk lokal.

Selama ini, Puncak Waringin dikenal sebagai salah satu spot terbaik memandangi pantai Labuan Bajo.

“Juga akan ada training-training yang berkaitan dengan pariwisata, dengan usaha kecil, usaha mikro. Saya kira dalam semua hal memang harus kita injeksi," kata Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (21/1/2020).

"Kita berikan training agar packaging atau kemasan, brand setiap produk itu naik, bisa ditingkatkan,” katanya lagi.

Soal pembangunan sumber daya manusia (SDM), Jokowi menyampaikan nanti akan dibawa para profesional di bidang industri kreatif, kemudian di-hire untuk meningkatkan kualitas SDM lokal.

Baca juga: Pembangunan Proyek Marina Labuan Bajo Telan Dana Rp 600 Miliar

“Mungkin ISS atau Kompas atau yang memang bagiannya meng-upgrade SDM, baik untuk misalnya budaya buang sampah, budaya ramah terhadap turis. Semuanya nanti akan ada training-training seperti itu,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan pembangunan SDM juga dilakukan untuk meningkatkan geliat ekonomi untuk area Creative Hub Puncak Waringin.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Jokowi di Labuan Bajo di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kemudian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X