Sempat Melonjak, Harga Emas Dunia Turun Lagi

Kompas.com - 22/01/2020, 09:20 WIB
Ilustrasi emas ShuterstockIlustrasi emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas dunia mengalami penurunan yang fluktuatif sejak awal pekan meski sebelumnya sempat melonjak dua minggu lalu.

Logam mulia itu mengalami penurunan 0,20 persen atau berada di level 1.555 dollar AS per ons troi. Penurunan masih disebabkan suku bunga rendah dan ketegangan geopolitik yang masih ada.

"Awal tahun emas memiliki periode kinerja yang cukup baik," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities dilansir dari Reuters, Rabu (22/1/2020)

Baca juga: Harga Emas Naik ke Level Tertinggi Sepekan, Ini Sebabnya

Ia juga menambahkan emas kemungkinan akan bertahan dalam kisaran yang cukup ketat di sekitar 1.550 dollar AS per ons troi.

Melek juga menambahkan bahwa emas sebagai aset Safe-haven mendapat dukungan karena pasar saham global merosot karena meningkatnya kekhawatiran tentang jenis baru virus corona di China.

Sebelumnya emas naik lebih dari 6 persen sejak 6 Desember. Pada 8 Januari, emas menembus batas 1.600 dollar AS untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online

"Struktur bullish dalam emas belum berubah. Itu harus menembus di bawah 1.450 dollar AS untuk mengubah tren itu," kata Michael Matousek, kepala pedagang di US Global Investors.

Ia juga menambahkan emas akan didukung oleh kebijakan The Fed dalam menjaga suku bunga stabil dan pembelian emas oleh bank sentral.

Untuk kedepan harga emas cenderung akan dipengaruhi oleh The Fed yang akan melakukan pertemuan kebijakan pertama tahun ini pada 28-29 Januari 2020.

Baca juga: BRI Investigasi Hilangnya Dana di Rekening Nasabah

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X