Kompas.com - 22/01/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi IMEI dan kartu SIM SHUTTERSTOCK/NATALE MATTEOIlustrasi IMEI dan kartu SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini pembobolan rekening bank melalui Subscriber Identity Module (SIM) card menjadi kekhawatiran di masyarakat setelah wartawan senior Ilham Bintang menjadi korban.

Modus pembobolan rekening ini dilakukan lewat pembajakan kartu SIM card Indosat milik Ilham Bintang.

Untuk itu Sekretaris Jenderal  Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia  (ATSI) Marwan O. Baasir mengatakan masyarakat perlu berhati-hati dengan informasi personal terutama KTP yang digunakan untuk registrasi SIM card

"Masyarakat perlu berhati-hati dengan informasi personal mereka, karena bisa saja disalahgunakan untuk pembajakan SIM card," ucap Marwan O Baasir saat konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informasi, Rabu (22/1/2020).

Untuk menghindari kejadian pembajakan tersebut berikut ini beberapa tips menghindari agar pembobolan rekening bisa dihindari:

1. Pasang privasi di data sensitif

Marwan mengatakan bahwa dalam pembobolan tersebut pelaku akan mencari tahu informasi dari korban sebelum melakukan pembajakan SIM.

Untuk itu untuk data yang bersifat personal yang ada di handphone maupun di media sosial harus diatur dalam mode privacy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka bisa tahu info yang dibutuhkan lewat media sosial atau melacaknya lewat handphone. Untuk itu usahakan atur semua itu secara privacy," ucapnya.

Dengan begitu pelaku akan sulit mendapatkan info yang dibutuhkan.

2. Jangan sembarangan kasih foto KTP atau info soal data pribadi.

Selain mengaturseluruh data di HP dan media sosial ke mode privacy, hindari juga web, sms, atau telepon yang ingin minta data KTP atau pribadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.