Kemkominfo Siap Blokir Ojol Maxim Jika Tak Patuhi Aturan Soal Tarif

Kompas.com - 22/01/2020, 18:18 WIB
Para driver Maxim di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dok. Maxim BalikpapanPara driver Maxim di Balikpapan, Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan siap akan menangguhkan ojek online asal Rusia Maxim jika tak mematuhi aturan Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) soal tarif.

"Kita sudah kirim surat peringatan ke Maxim dan kita kasih waktu 2 kali 24 jam harus respon," ucap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, usai Konfrensi Pers di Gedung Kemkominfo, Rabu (22/1/2020).

Semuel mengatakan jika Maxim tidak merespon, maka mereka akan menunggu keputusan Kemenhub untuk melakukan penangguhan operasi Maxim nantinya.

"Kalau tidak merespon tergantung Kemenhub, kalau mereka minta ditutup saya tutup, disuspen karena tidak comply, sesuai permen Hubdat," ucapnya.

Baca juga: Kemenhub: Maxim Mau Menyesuaikan Tarif Ojek Online pada Februari

Seperti diketahui, Kemenhub tengah menyoroti layanan ojek online asal Rusia, Maxim.

Disebut-sebut, Maxim tidak mengikuti aturan yang diterbitkan Kemenhub terkait tarif ojek online yang ditetapkan oleh pemerintah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya bakal melayangkan lagi surat kedua soal pemblokiran Maxim yang tak mengikuti aturan kepada Kemkominfo pekan ini.

Sebelumnya diberitakan, Kemenhub telah melayangkan surat kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir Maxim. Surat tersebut dikirim pada tanggal 30 Desember 2019. Namun, Kemkominfo belum memberikan respon apapun.

Baca juga: Kemenhub Mau Adukan Maxim ke KPPU Soal Pelanggaran Tarif Ojek Online

Adapun tarif ojek online harus mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 Tahun 2019. Dalam kepmen ditetapkan terdapat 3 zonasi perbedaan tarif ojek online yang diatur berdasarkan komponen biaya langsung dan biaya tak langsung.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X