Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Dirut Garuda, Ini Sederet Tugas Irfan Setiaputra

Kompas.com - 22/01/2020, 18:36 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk resmi menunjuk Irfan Setiaputra menjadi Direktur Utama.

Irfan menggantikan Plt Dirut Fuad Rizal dan Direktur Utama yang sebelumnya diduga ikut dalam kasus penyelundupan barang mewah, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Anggota Ombudsman Alvin Lie mengatakan, ada banyak tugas baru yang menanti Irfan sebagai Dirut Garuda. Mulai dari pelunasan utang, manajemen perusahaan yang lebih baik, dan menyehatkan iklim kerja.

Baca juga: Jadi Dirut Baru Garuda, Siapa Irfan Setiaputra?

Dalam catatan yang dikemukakan Alvin, Garuda memiliki utang sekitar 500 juta dollar AS yang jatuh tempo pada Mei 2020. Untuk itu, Alvin mengimbau Garuda mampu melunasinya meski tak sepenuhnya dibayar dari hasil bisnis.

"Itu saya yakin tidak mungkin bisa dibayar dengan modal atau dari hasil bisnis. Pasti dibayar dengan utang lagi. Nah utang lagi ini, utang barunya harus lebih murah daripada utang lama," mata Alvin di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Kedua, Alvin meminta direksi baru mampu memperkuat rasa kebersamaan di Garuda. Sebab, dia melihat karyawan Garuda masih terkotak-kotak. Bila terus dibiarkan, akan menimbulkan iklim kerja yang tidak sehat secara terus-menerus.

"Karyawannya ribuan, belum berhasil semuanya merasa bagian dari Garuda. Ada yang merasa lebih Garuda dari yang lainnya. Dan ini tidak sehat," ungkap Alvin.

Baca juga: Irfan Setiaputra Resmi Ditunjuk Menjadi Dirut Garuda Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com