Soal Kemungkinan OJK Dilebur Lagi dengan BI, Ini Kata Ombudsman

Kompas.com - 22/01/2020, 21:41 WIB
Logo OJK KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKOLogo OJK

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) tengah menjadi sorotan seiring dengan terjadinya berbagai masalah di industri jasa keuangan.

Bahkan, Komisi XI DPR RI tengah mengevaluasi kinerja regulator itu. Salah satu evaluasi tersebut tentang opsi mengembalikan fungsi OJK sebagai pengawas perbankan ke Bank Indonesia ( BI).

Menjawab hal itu, anggota Ombudsman Alamsyah Saragih mengatakan, Ombudsman akan mendalami kinerja OJK sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: Komisi XI Buka Kemungkinan OJK Dilebur Kembali dengan BI

Namun bila harus dilebur, Alamsyah menyebut ada beberapa negara di dunia yang telah melakukan hal serupa.

"Saya tidak punya kompetensi dalam menilai sesuatu hal, Ombudsman hanya akan mendalami. Tapi ada beberapa negara yang telah mengembalikan kewenangan lembaga seperti OJK kepada bank sentral," kata Alamsyah Saragih di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Selain melebur, ada pula beberapa negara yang mengganti tugas dan fungsi otoritas jasa keuangan setempat menjadi pengawas pasar modal.

"Saya lihat belum sampai ke sana. Kita lihat saja apakah kita bisa ke sana dan bagaimana mengaktifkan itu," ujar Alamsyah.

Baca juga: DPR Heran Asabri dan Taspen Tidak dalam Pengawasan OJK

Namun, dia mengembalikan kewenangan sepenuhnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang bertugas mengesahkan Undang-Undang (UU). Sebelum itu, dia berharap OJK mampu memperbaiki kinerjanya.

"Kami berharap teman-teman OJK memberikan keterangan apa adanya sehingga kita bisa melakukan perbaikan untuk mengetahui sumber masalahnya," harap Alamsyah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X