Simak 6 Cara Ini agar Diskusi Keuangan dengan Anak Tak Berujung Sengit

Kompas.com - 23/01/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi menabung KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIIlustrasi menabung

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara soal manajemen keuangan dengan anak remaja Anda kadang membuat perdebatan sengit dan sakit kepala.

Apalagi, menurut perencana keuangan Thomas Henske, perdebatan sengit itu akan Anda alami ketika Anda jarang mengadakan obrolan manajemen keuangan secara rutin.

Biasanya, percakapan soal keuangan dimulai ketika anak Anda merengek minta dibelikan sesuatu. Namun, menurut Anda, barang itu sama sekali tidak penting.

Baca juga: Begini Tipsnya Mengatur Keuangan untuk Wanita agar Bisa Bahagia

Sebelum Anda hilang kesabaran, simak enam cara ini agar obrolan keuangan Anda tak menimbulkan perdebatan sengit.

1. Bertanya, jangan menegur

Thomas Henske menyarankan Anda untuk setidaknya bertanya dan berusaha untuk mengerti ketika anak remaja Anda menginginkan sesuatu. Biarkan mereka mengatakannya tanpa menyela terlebih dahulu.

Kemudian, bersiaplah untuk segala bujukan. Biasanya anak-anak akan membujuk Anda dengan cara apa pun.

Namun, bila Anda merasa barang itu tidak terlalu penting, Anda bisa menasihatinya. Alih-alih menggunakan uang Anda, lebih baik ajarkan dia menabung untuk membeli sesuatu.

"Anda bisa mengatakan, kita tidak seharusnya membelanjakan uang kita seperti itu, tetapi jika kamu ingin menggunakan uang Anda sendiri, silakan," kata Henske dikutip CNBC, Kamis (23/1/2020).
 

2. Biarkan mereka bayar sendiri

Sama seperti poin sebelumnya, biarkan mereka membayar sendiri barang yang ingin mereka beli ketimbang menggunakan uang orang tuanya.

Coba berikan sedikit masukan untuk menabung atau mencari pekerjaan freelance yang tidak mengganggu waktu belajarnya.

"Saya pikir cara itu memberikan pelajaran besar tentang perjuangan. Jika mereka menginginkan sesuatu, mereka harus mengerjakan sesuatu," kata Henske.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X