Suku Bunga BI Terjaga, Rupiah Ditutup Menguat

Kompas.com - 23/01/2020, 16:55 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Kamis (23/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.639 per dollar AS atau menguat 7 poin sebesar 0,05 persen dibandingkan penutupan Rabu Rp 13.646 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan penguatan rupiah didorong sentimen positif usai rilis indeks RDG Bank Indonesia bulan Januari 2020 yang diumumkan hari ini.

"Dengan keterangan tersebut rupiah masih tetap di zona hijau, walaupun tadi pagi sempat menyentuh level terkuatnya di 13.610," ujarnya.

Baca juga: Pergerakan Rupiah Hari Ini Akan Dibayangi Sentimen Negatif dari Bursa Asia

BI memutuskan untuk kembali mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,00 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 5,75 persen.

Dalam keterangannya Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan kondisi Nilai tukar Rupiah terus menguat didukung kinerja Neraca Pembayaran Indonesia yang membaik.

Akibatnya, pasokan valas dari para eksportir serta aliran modal asing tetap berlanjut, melihat daya tarik paaar domestik.

"Penguatan rupiah sejalan dengan prospek ekonomi Indonesia yang tetap terjaga, daya tarik pasar keuangan domestik yang tetap besar, dan ketidakpastian pasar keuangan global yang mereda," kata Perry.

Baca juga: Mau Investasi SBR009 Mulai Rp 1 Juta? Begini Cara Pesannya

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X