Limit Kredit Penggunanya Raib Tiba-tiba, Ini Komentar Akulaku

Kompas.com - 23/01/2020, 20:12 WIB
(Screenshot) Akulaku.com (Screenshot) Website Akulaku(Screenshot) Akulaku.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintek Akulaku angkat bicara terkait kasus transaksi yang menimpa salah satu penggunanya. 

Kasus ini berawal dari salah satu akun Twitter @VickyValery yang mengaku limit kredit Akulaku miliknya mendadak raib Rp 4,9 juta dan terjadi transaksi di Shopee tanpa sepengetahuan dirinya.

Menanggapi hal tersebut Akulaku meminta maaf dan mengatakan telah melakukan investigasi terkait keluhan pelanggan tersebut.

 Baca juga: Akulaku Bidik Pembiayaan Rp 6 Triliun pada 2020

"Beberapa pengguna yang telah melaporkan ke CS kami, telah diinvestigasi kasusnya satu per satu untuk diselesaikan sehingga para pengguna dapat bertransaksi kembali menggunakan limit kredit Akulaku," ucap Public Relations Akulaku Finance Indonesia, Bayou Pangestu kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Selain itu Bayou menyarankan agar hal serupa tak terjadi maka pelanggan mengganti password secara berkala untuk menghindari hal serupa terjadi.

"Kami juga menyarankan semua pengguna Akulaku agar mengganti password secara berkala untuk keamanan akun. Apabila terdapat transaksi yang mencurigakan, dapat melaporkannya ke CS kami, Akulaku Care, di 1500920," ucapnya.

Baca juga: Apindo: Barang Impor via Jastip Seharusnya Tak Diperdagangkan

Sementara itu menurut Kanit V Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya AKBP Dhany Aryanda, penipuan tersebut bisa terjadi karena dua hal yakni rekayasa sosial atau peretasan.

"Harus dicek dulu kronologis lengkapnya. Biar bisa pastikan apakah rekayasa sosial atau peretasan," ucapnya di Jakarta.

Modus penipuan ini sendiri merupakan penipuan online yang disebut tidak harus memiliki alat dan software canggih. Kunci dari kejahatan ini adalah manipulasi pelaku untuk menyerahkan informasi personal seseorang.

Baca juga: Freeport: Sudah Tidak Ada Lagi Aktivitas di Tambang Terbuka Grasberg

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X