Bangun Terminal 4, Bandara Soetta Siap Tampung 110 Juta Penumpang Per Tahun

Kompas.com - 24/01/2020, 13:08 WIB
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin KOMPAS.com/Rully R. RamliDirektur Utama AP II Muhammad Awaluddin

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) akan fokus mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk mengatasi permasalahan kelebihan kapasitas atau over capacity penumpang.

Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus menyelesaikan proses revitalisasi Terminal 1, Terminal 2, dan juga pembangunan Terminal 4.

Apabila seluruh proyek tersebut rampung, Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan mampu menampung hingga 110 juta pergerakan penumpang per tahun.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan AP II antara lain mempercepat proses revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2.

Baca juga: Jokowi Minta Terminal 4 Soekarno-Hatta Segera Dibangun, Ini Kata Bos AP II

"Dengan revitalisasi Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 yang sudah eksis dan ditambah Terminal 4, kita ada kemmapuan total 105 sampai 110 juta penumpang (per tahun)," ujarnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/1/2020).

Pria yang akrab disapa Awal itu menjelaskan, dengan direvitalisasinya Terminal 1 dan Terminal 2, masing-masing terminal akan mampu menampung 20 juta pergerakan penumpang per tahunnya.

Proyek revitalisasi ini ditargetkan rampung pada Maret 2021.

"Terminal 2 progresnya sudah 40 persen. Terminal 1 sekitar 35 persen. Untuk Terminal 2 selsai Desember ini, sementara Terminal 1 Maret 2021," kata Awal.

Sementara untuk Terminal 4 diproyeksikan mampu menampung sekitar 40 juta-45 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya.

Terminal yang akan dibangun di atas lahan seluas 102 hektar ini, rencananya baru akan beroperasi secara penuh pada 2023.

"Terminal 4 akan kami maksimalkan jadi gedung terminal terbesar di Indonesia, bisa menghandle 40 juta-45 juta (penumpang) setahun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X