Bank Mandiri Akan Terbitkan Global Bond Rp 17,5 Triliun pada 2020

Kompas.com - 24/01/2020, 15:11 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Mandiri.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana melanjutkan penerbitan obligasi global (global bond) senilai 1,25 miliar dollar AS atau Rp 17,5 triliun (kurs Rp 14.000) pada 2020.

Adapun global bond senilai 1,25 miliar dollar AS itu merupakan sisa dari yang diizinkan regulator senilai 2 miliar dollar AS. Pada April 2019, bank bersandi saham BMRI itu baru menerbitkan 750 juta dollar AS.

Baca juga: Selain ASEAN, Bank Mandiri Kaji Rencana Ekspansi ke Korea

Direktur Utama BMRI Royke Tumilaar mengatakan, penerbitan global bond akan melihat momentum terlebih dahulu. Namun, global bond hampir pasti terbit pada kuartal II-2020 atau kuartal III-2020.

"Hampir pasti di semester II, tapi kalau bisa mengejar ke kuartal II, kita kejar ke kuartal II. Tapi nanti kami coba. Kan, kami sudah pernah, jadi enggak terlalu sulit untuk lakukan itu," kata Royke di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Royke bilang, penerbitan akan berlangsung selama beberapa tahap. Namun, dia belum bisa memastikan penerbitan global bond pada 2020 akan berlangsung dalam berapa tahap.

Baca juga: Aturan Baru soal Impor via E-Commerce Segera Berlaku, Bagaimana untuk Barang dari Batam?

"Enggak semua (diterbitkan dalam 1 tahap), tapi kan bisa bertahap dalam satu tahun ini," ucap Royke.

Selain itu, Royke mengaku belum menetapkan perusahaan-perusahaan sekuritas yang akan terlibat dalam penerbitan global bond. Namun, Mandiri Sekuritas akan menjadi bagian dari penerbitan itu.

"Mandiri Sekuritas, lah. Gampanglah. Orang Mandiri Sekuritas juga leader di global bond. Dari lokal sekuritas yang paling gede kan Mandiri Sekuritas," pungkasnya.

Baca juga: Cerita Kubu CT Tolak Laporan Keuangan Garuda Polesan Ari Askhara

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X