Rupiah Ditutup Menguat di Akhir Pekan, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 24/01/2020, 17:51 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Jumat (24/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.582 per dollar AS atau menguat 56 poin sebesar 0,41 persen dibandingkan penutupan Kamis Rp 13.638 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah terdorong sentimen yield obligasi AS yang masih rendah.

Baca juga: BI: Sentimen Virus Corona Sebabkan Capital Outflow di Bursa Saham

"Yield obligasi AS yang masih di level rendah membantu penguatan rupiah terhadap dollar AS. Sejumlah mata uang kawasan (Asia) juga turut menguat," kata Ariston kepada Kompas.com.

Diaamping itu, keputusan Bank Indonesia (BI) yang tidak menurunkan suku bunga acuannya juga membantu penguatan rupiah akhir pekan ini.

"BI dan neraca dagang Desember 2019 yang membaik membantu penguatan rupiah," tegasnya.

Baca juga: Kartu ATM Sudah Chip tapi Masih Kena Skimming, Kok Bisa?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X