Setelah Tangerang dan Sidoarjo, Softex Indonesia Bangun Pabrik di Karawang

Kompas.com - 25/01/2020, 06:17 WIB
Kegiatan produksi di pabrik PT Softex Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur. Dok. Softex IndonesiaKegiatan produksi di pabrik PT Softex Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen popok dan pembalut PT Softex Indonesia memiliki sejumlah pabrik guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

Salah satu pabrik yang dimiliki perseroan berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Pabrik di Sidoarjo tersebut memiliki area produksi seluas 18.552 meter persegi, dengan standar keselamatan yang lengkap dan teruji.

Sedangkan infrastruktur menempati lahan seluas 11.051 meter persegi. Dengan demikian, total area pabrik mencapai 29.603 meter persegi. Adapun Sidoarjo Plant memiliki kapasitas 7 mesin produksi.

Baca juga: Permintaan Domestik Meningkat, Softex Indonesia Bangun Pabrik Baru

“Selain pabrik di Sidoarjo, selama ini Softex Indonesia juga memiliki pabrik di Tangerang, Banten. Kedua pabrik tersebut telah beroperasi secara optimal. Permintaan pasar terhadap produk perseroan tetap tinggi setiap tahun," ujar Plant Manager Sidoarjo PT Softex Indonesia, Benydictus Hindrawan dalam keterangannya, Sabtu (25/1/2020).

Hindrawan menuturkan, selain memanfaatkan pabrik yang sudah ada, perseroan kini dalam tahap penyelesaian pembangunan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat yang ditargetkan beroperasi secara penuh pada kuartal III-2020.

Pabrik di Karawang menempati lahan seluas 12 hektare (ha) dan menerapkan teknologi terbaru dalam bentuk sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis (Automated Storage and Retrieval Systems/ASRS).

Baca juga: Perusahaan Jepang Jadikan RI Basis Produksi Popok Bayi

Softex Indonesia juga mendukung program sustainability, salah satunya melalui program kerja sama untuk mendaur ulang popok bekas pakai menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai.

Program sustainability terkini yang dijalankan Softex Indonesia di Bandung, Jawa Barat adalah program daur ulang popok bekas pakai menggunakan mesin hidrotermal yang ramah lingkungan atau tanpa metode pembakaran.

Proses pengolahan ini menghasilkan pokbrick (batu bata dari bahan popok bekas) dan minyak bakar. Program ini merupakan program lanjutan dari program sustainability sebelumnya yang sudah dijalankan di Tangerang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X