Kompas.com - 26/01/2020, 13:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertambahnya pengeluaran tentu akan mengurangi penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Jika tidak segera dikendalikan, hal ini tentu akan memengaruhi tingkat kesehatan finansial dalam jangka panjang.

Apa Anda menginginkan hal ini? Tentu saja tidak. Tak dimungkiri, banyak hal tak terduga yang pada dasarnya dapat menambah pengeluaran Anda sehari-hari tapi tidak disadari.

Tenang, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar penghasilan yang sempat berkurang bisa bertambah kembali sedikit demi sedikit. Caranya, selidiki ke mana saja larinya uang gaji Anda.

Baca juga: Simak Trik Mudah Mengerjakan Soal Tes SKD CPNS

Jadi, jika Anda merasa gaji sepertinya cepat habis, coba cari tahu dan telusuri dengan cara berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Analisis Dahulu Total Pengeluaran Akhir-Akhir ini

Sebelum terlambat, coba analisis semua pengeluaran beberapa 7 hari atau 1 minggu belakangan ini. Lihat apakah jumlahnya lebih besar atau lebih kecil dari minggu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika jumlahnya lebih besar, itu artinya Anda harus melakukan tata pengelolaan uang yang lebih ketat untuk sisa di minggu-minggu berikutnya. Jika tidak seperti ini, yang ada pengeluaran Anda semakin membengkak lagi.

Akibatnya gaji yang Anda peroleh menjadi semakin tidak kelihatan wujudnya. Manfaatkan waktu-waktu kosong untuk menganalisis pengeluaran. Lakukan dengan teliti agar Anda bisa menemukan pos mana yang memiliki pengeluaran terbesar.

2. Bandingkan dengan Pengeluaran di Masa Lalu

Setelah dianalisis, bandingkan pengeluaran bulan ini dengan bulan sebelumnya. Tujuannya untuk mengetahui selisih pengeluaran antara dua bulan sekaligus.
Apabila selisihnya tidak terlalu signifikan seperti Rp50.000 saja, itu artinya total pengeluaran Anda cenderung stabil setiap bulan. Apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah berusaha mengatur keuangan sebaik-baiknya untuk bulan depan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.