Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Virus Corona, Rupiah Awali Pekan Melemah

Kompas.com - 27/01/2020, 09:06 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Senin (27/1/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 8.40 WIB, rupiah berada di level Rp 13.590 per dollar AS atau melemah 0,06 persen dibandingkan penutupan Jumat Rp 13.582 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut, kekhawatiran masyarakat terhadap viruc corona terus membuat sentimen negatif pada pergerakan pasar, yang dapat berdampak pada pelemahan rupiah.

"Sampai sekarang memang belum ada laporan penyebaran wabah virus corona di Indonesia tapi kekhawatiran terhadap mewabahnya virus tersebut bisa mendorong pelemahan aset berisiko emerging markets pagi ini termasuk Indonesia," kata Ariston kepad Kompas.com.

Baca juga: Harga Minyak Anjlok Gara-gara Virus Corona

Ariston menyebutkan, pada akhir pekan kemarin ada banyak berita yang melaporkan kenaikan jumlah kematian akibat virus ini. Selain itu juga bertambahnya jumlah negara yang terserang virus corona, membuat kekhawatiran semakin meningkat.

"Rupiah mungkin bisa bergerak melemah hari ini menanggapi kekhawatiran tersebut," jelasnya

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak terbatas pada kisaran Rp 13.540 per dollar AS sampai dengan Rp 13.640 per dollar AS.

Baca juga: Lion Air: Penerbangan ke Wuhan Sudah Sesuai Aturan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com