Khawatir Virus Corona, Rupiah Awali Pekan Melemah

Kompas.com - 27/01/2020, 09:06 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Senin (27/1/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 8.40 WIB, rupiah berada di level Rp 13.590 per dollar AS atau melemah 0,06 persen dibandingkan penutupan Jumat Rp 13.582 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut, kekhawatiran masyarakat terhadap viruc corona terus membuat sentimen negatif pada pergerakan pasar, yang dapat berdampak pada pelemahan rupiah.

"Sampai sekarang memang belum ada laporan penyebaran wabah virus corona di Indonesia tapi kekhawatiran terhadap mewabahnya virus tersebut bisa mendorong pelemahan aset berisiko emerging markets pagi ini termasuk Indonesia," kata Ariston kepad Kompas.com.

Baca juga: Harga Minyak Anjlok Gara-gara Virus Corona

Ariston menyebutkan, pada akhir pekan kemarin ada banyak berita yang melaporkan kenaikan jumlah kematian akibat virus ini. Selain itu juga bertambahnya jumlah negara yang terserang virus corona, membuat kekhawatiran semakin meningkat.

"Rupiah mungkin bisa bergerak melemah hari ini menanggapi kekhawatiran tersebut," jelasnya

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak terbatas pada kisaran Rp 13.540 per dollar AS sampai dengan Rp 13.640 per dollar AS.

Baca juga: Lion Air: Penerbangan ke Wuhan Sudah Sesuai Aturan



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X