Menhub Kumpulkan Menkes Hingga Menpar Bahas Virus Corona

Kompas.com - 27/01/2020, 11:28 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020)

TANGGERANG, KOMPAS.com - Menteri Budi Karya Sumadi akan mengundang beberapa menteri dan pihak terkait membahas soal penanganan virus corona.

"Nanti jam 12 siang di Kemenhub akan mengundang Menkes, Menlu, Menpar, Imigrasi, Bea Cukai, seluruh operator pelabuhan dan bandara untuk merapatkan mengenai virus Corona," ucapnya di Bandara, Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020).

Selain itu, ia menyebutkan Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan agar lebih disiplin saat memeriksa WNA asal China masuk ke Indonesia guna antisipasi penyebaran virus corona.

Baca juga: Hebatnya Pekerja Konstruksi China, Bangun RS Khusus Corona Cuma 10 Hari

"Mensesneg bilang, Presiden instruksikan untuk memberikan tindakan lebih disiplin intensif (dalam pemeriksaan WNA China)," ujar Budi

Tidak hanya itu, Budi Karya juga mengatakan, bandara harus mempersiapkan segala hal terkait kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Termasuk, lanjut dia, meminta seluruh operator Bandara Soekarno-Hatta memperketat pemeriksaan, bukan hanya untuk penerbangan dari Wuhan ke Soekarno-Hatta.

"Tetapi semua penerbangan atau kapal yang dari China, kita lakukan pemeriksaan yang intensif dan saya harapkan tetap sopan," ucap dia.

Baca juga: Ramalan Mengerikan Bill Gates soal Wabah Virus Corona

Budi juga mengimbau agar seluruh petugas di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan alat pelindung diri berupa masker agar tidak mudah tertular jika ada yang terjangkit corona

Adapun sebelumnya, virus corona pertama kali diidentifikasi berasal dari kota Wuhan, China.

Adapun virus yang disebut mirip sindrom pernapasan akut parah (SARS) ini telah menjangkiti 2.300 orang dan membunuh 80 orang di China.

Virus ini juga telah merebak ke 13 negara di berbagai benua.

Baca juga: Khawatir Virus Corona, Rupiah Awali Pekan Melemah

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X