Kemenkop dan UKM Bersama Kementan Sepakat Bangun Korporatisasi Petani

Kompas.com - 27/01/2020, 14:27 WIB
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki bersamaMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat diwawancarai media di Jakarta, Senin (27/1/2020). KOMPAS.com/ELSA CATRIANAKementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki bersamaMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat diwawancarai media di Jakarta, Senin (27/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) berharap bisa mewujudkan korporatisasi petani. Untuk itu, diperlukan kelembagaan ekonomi petani yang kuat.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki mengatakan melalui korporatisasi yang berbasis koperasi, hal itu diharapkan para petani tidak lagi individualistik dan tidak lagi sendiri-sendiri.

"Kita harus mendorong petani berkoperasi dengan koperasilah yang akan menjaga setiap anggota mendapatkan keuntungan yang sama, dan bilamana rugi resikonya dibagi ke seluruh anggota sehingga ruginya tidak terasa", ujarnya di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Kemenkop UKM: Koperasi Milik Benny Tjokro Banyak Masalah

Menurut Teten, koperasi bisa menjadi instrumen yang bisa mengonsolidasikan lahan-lahan yang kecil-kecil menjadi berskala besar.

Mengonsolidasikan pembiayaan dan melakukan kemitraan dengan usaha besar, bahkan mengakses pasar dalam porsi lebih berkeadilan.

Untuk itu, lanjut Teten, Kementerian Pertanian dan Kemenkop dan UKM dapat berkolaborasi mengawalnya.

"Kami usul, agar lebih konkrit, kita perlu membuat pilot project perberasan di Koperasi Citra Kinaraya, Mlatiharjo, Demak Jawa Tengah", tambahnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X