Menkes: 243 WNI di Wuhan Masih Aman dari Virus Corona

Kompas.com - 27/01/2020, 15:32 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan saat ini Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Wuhan, China dalam keadaan sehat. Ratusan WNI tersebut tak ada satupun yang terjangkit virus corona.

“243 warga kita itu ada di pusat kejadiannya. Di Hebei, Wuhan itu. Mereka sehat,” ujar Terawan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Terawan menambahkan, saat ini ratusan WNI tersebut belum dapat dievakuasi untuk keluar dari Wuhan. Sebab, kota tersebut masih diisolasi.

Baca juga: Dituduh Penyebab Virus Corona, Kelelawar Banyak Dijual sebagai Obat di RI

“Caranya evakuasi gimana? Ya pertama kita harus tau bahwa kota itu udah di-lock down, enggak boleh ada yang masuk dan enggak boleh ada yang keluar (dari Wuhan),” kata Terawan.

Mengenai pasokan logistik, kata Terawan, pemerintah akan mengirimkan makanan kepada para WNI di Wuhan.

“Pemerintah sudah jelas. Makanya tadi pake pemesanan lewat online, ternyata masih bisa,” ucap dia.

Virus corona (coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya selain mulai menyebar di kota Wuhan, China, virus corona jenis baru tersebut juga terdeteksi hingga Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional China, virus corona memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Sejak diketahui sebagai wabah misterius yang menyebabkan pneumonia, jumlah pasien yang terinfeksi virus ini terus bertambah.

Hingga Senin pagi, Pemerintah China menyatakan, korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X