Tips Menkes Cegah Virus Corona: Berpikiran Positif dan Jaga Imunitas

Kompas.com - 27/01/2020, 15:50 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan beberapa tips untuk menghindari terjangkit dari virus corona.

Salah satunya, yakni selalu menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang bagus, lanjut Terawan, kemungkinan terjangkit penyakit akan sangat kecil.

“Kuncinya tetap terus berdoa dan jaga imunitas tubuh. Kalau imunitas tubuh baik enggak mungkin (tertular virus corona). Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah,” ujar Terawan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Menkes: 243 WNI di Wuhan Masih Aman dari Virus Corona

Selain itu, kata Terawan, tetap berpikiran positif juga menjadi kunci untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Kalau kita pikirannya kena horor berita, kena sesuatu yang terus menghantui ya imunitas kita turun. Karena pikirannya mereka yang dihantui oleh berita berita tidak pas,” kata Terawan.

Virus corona (coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya, selain mulai menyebar di kota Wuhan, China, virus corona jenis baru tersebut juga terdeteksi hingga Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional China, virus corona memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Sejak virus ini merebak, jumlah pasien yang terinfeksi terus bertambah. Hingga Senin pagi, Pemerintah China menyatakan, korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X