Sri Mulyani: Alugoro Jadikan Indonesia Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Mampu Bangun Kapal Selam

Kompas.com - 28/01/2020, 06:38 WIB
Menkeu Sri Mulyani saat  mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia dan meninjau langsung kapal selam KRI Alugoro-405. Facebook Sri MulyaniaMenkeu Sri Mulyani saat mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia dan meninjau langsung kapal selam KRI Alugoro-405.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Senin (27/1/2020) baru saja melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia (Persero) untuk meninjau langsung kapal selam KRI Alugoro-405. Kunjungan Sri Mulyani tersebut dalam rangka mendampingi Presiden Joko Widodo, bersama dengan beberapa menteri lain.

Melalui akun Facebooknya, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut memaparkan pesan Presiden Jokowi, yakni kebijakan pengembangan alat utama sistem pertahanan (alutsista) harus turut memperkuat industri pertahanan nasional.

Namun demikian, Sri Mulyani menekankan dalam menjaga ekosistem industri pertahanakn lokal yang sehat juga harus diiringi dengan kemandirian. Salah satunya dengan mengurangi ketergantungan Indonesia pada barang-barang impor.

Baca juga: Maret, PT PAL Luncurkan Kapal Selam Rakitan Anak Bangsa

"Presiden Joko Widodo menegaskan kembali bahwa kebijakan pengembangan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dijalankan harus turut memperkuat industri pertahanan nasional," ujar Sri Mulyani.

"Bersamaan dengan itu, ekosistem industri pertahanan lokal yang sehat juga harus dibangun untuk mencapai kemandirian dan mengurangi ketergantungan Indonesia pada barang-barang impor, utamanya pada komponen pendukung industri tersebut," jelas dia.

"Keberhasilan pembangunan kapal selam Alugoro menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam," tambah Menkeu.

Adapun peluncuran dan pemberian nama kapal dilakukan pada 11 April 2019 di dermaga kapal selam PT PAL Indonesia (Persero).

Baca juga: Luhut Ngotot “Pagari” Laut Natuna dari Lalu Lalang Kapal Selam Nuklir


Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X