BKPM Gandeng BEI Dongkrak Investasi di Indonesia

Kompas.com - 28/01/2020, 13:09 WIB
Kantor BKPM Jakarta ptsp.bkpm.go.idKantor BKPM Jakarta
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) secara resmi menggandeng PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan kolaborasi agar dapat meningkatkan dan memfasilitasi pertumbuhan investasi nasional.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan potensi dari kerja sama ini akan menguntungkan karena dapat mengarahkan perusahaan untuk segara go public.

"Bagi perusahaan yang terdaftar resmi di BKPM, kami akan berikan bimbingan dan dapat melaksanakan Initial Public Offering (IPO)," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Kepala BKPM Sebut Hyundai Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di Jabar

Inarno mengatakan apabila 1 persen saja perusahaan yang terdaftar di BKPM masuk ke bursa,  itu merupakan kemajuan yang luar biasa.

Ia juga mengakui perusahaan yang saat ini terdaftar di BKPM memiliki prospek untuk berkembang. Namun masih ada kendala yaitu ketersediaannya pendanaan.

Sementara Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih stagnan tumbuh di kisaran 5 persen, harus ada langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN, dari Telkom hingga Nindya Karya

Salah satunya melalui investasi dan mendorong perusahaan PMA menjadi emiten BEI. Ia menargetkan 1 atau 2 persen dari sekitar 26.000 Penanaman Modal Asing (PMA) melantai di bursa pada 2020.

Selain itu, melalui kerja sama ini BKPM berharap dapat meningkatkan emiten BEI. Ia juga berharap perusahaan-perusahaan yang sudah tercatat di bursa dan memiliki rencana pengembangan dapat difasilitasi secara maksimal oleh BKPM.

Berdasarkan data akhir Desember 2019, tercatat ada 668.228 investor. Rinciannya 25.919 perusahaan PMA dan 642.309 perusahaan PMDN (Penanaman Moda Dalam Negeri).

Baca juga: Edhy Prabowo: Berani Kritik Menteri, Naik Jabatan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X