Kompas.com - 28/01/2020, 16:52 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Selasa (28/1/2020) kembali mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.644 per dollar AS. Rupiah melemah 29 poin sebesar 0,21 persen dibandingkan penutupan Senin (27/1/2020) yakni Rp 13.615 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim menyebutkan pelemahan rupiah terhadap dollar AS akibat kekhawatiran pasar terkait penyebaran virus corona yang semakin cepat bahkan menyebabkan dampak ekonomi.

Baca juga: Rupiah Pagi Masih Lesu

"Sejumlah orang di China membatalkan rencana perjalanan selama Tahun Baru Imlek yang biasanya merupakan musim pariwisata tersibuk, namun sementara bisnis di banyak kota tutup," kata Ibrahim.

Di sisi lain, pihak berwenang China telah meningkatkan upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus dengan memberlakukan pembatasan keras pada perjalanan dan pergerakan orang.

Sementara itu, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China tahun ini akan dikisaran 6 persen.

Namun demikian, bila virus corona tidak bisa ditanggulangi secara serius, bisa saja pertumbuhan ekonomi China akan turun menjadi 4,5 persen.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah akibat Sentimen Virus Corona

Hal ini tentunya akan mengindikasikan kondisi ekonomi China yang mengalami permasalahan yang serius paska kesepatakan dagang fase satu antara AS dan China yang sudah ditandatangani.

Kasus mewabahnya virus corona di China tentunya juga berpengaruh pada PDB Indonesia di tahun 2020 yang kemungkinan akan turun dibawah 5 persen.

"Maka dari itu, pemerintah dan BI harus kembali melakukan intervensi sesuai dengan wewenang masing-masing. Apalagi China merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.