Menkoinfo Berharap DPR Segera Bahas Draft RUU Perlindungan Data Pribadi

Kompas.com - 28/01/2020, 18:57 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam konferensi persi di Gedung Kementerian Kominfo, Selasa (28/1/2020). KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMOMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam konferensi persi di Gedung Kementerian Kominfo, Selasa (28/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) berharap DPR segera membahas draft RUU Perlindungan Data Pribadi.

Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate mengatakan meskipun draft RUU Perlindungan Data Pribadi selesai disusun, namun belum ada kepastian mengenai waktu pembahasan di DPR.

"Setelah ini draft RUU disampaikan ke DPR dan jika sudah diputuskan di DPR ini akan segera kita upload di website kominfo. Kalau tanggalnya (belum dipastikan) kalau DPR cepat ya cepat," kata Johnny Plate, di kantornya di Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Belajar dari Penipuan Transaksi Nontunai, Pentingnya Jaga Data Pribadi

Saat ini Undang-undang perlindungan data menjadi begitu penting, karena semua urusan telah bergeser ke ranah digital.

"Ya saat ini sangat relevan untuk mempunyai Undang-undang data pribadi karena relevan dengan kebutuhan zaman ini," tegasnya.

RUU tersebut akan melindungi tiga hal, yakni kedulatan data, pemilik data, dan pengguna data.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X