5 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Bermusik

Kompas.com - 29/01/2020, 07:37 WIB
Ilustrasi bermain gitar shevtsovyIlustrasi bermain gitar
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Zaman sekarang mencari uang susah-susah gampang. Namun perkembangnya teknologi dapat menolong Anda untuk melakukannya. Termasuk bagi Anda yang memiliki hobi bermain musik.

Kolaborasi antara hobi bermusik dan teknologi dapat menghasilkan uang. Mengutip dari Entrepreneur, Rabu (29/1/2020), berikut cara menghasilkan uang dari hobi bermusik:

1. Membuka kursus pelatihan musik

Mengajar pelajaran musik dengan membuka kursus adalah salah satu cara sederhana untuk mendapatkan uang dari hobi ini. Namun Anda harus benar-benar mahir dalam musik agar materi musik yang berikan berkualitas.

Baca juga: Saat Erick Thohir Tersenyum Dengar Krakatau Steel Punya 60 Cucu Usaha

Untuk tahap awal mungkin memang sulit namun Anda dapat memberikan tarif yang murah dan manfaatkan fasilitas umum untuk menyebarkan iklan Anda.

2. Buat pertunjukan kecil

Anda dapat membuat konser kecil-kecillan. Tidak perlu khawatir seberapa besar atau kecilnya penonton Anda. Mungkin Anda harus menerima bahwa Anda akan terus berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang dekat dengan apa yang Anda pikir pantas. Itulah bagian dari perjalanan mencari nafkah dari hobi musik Anda.

3. Freelance penulis lagu

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah menjual beberapa karya lagu Anda atau dapat membuat blog Anda sendiri yang isinya tentang lagu dan musik-musik Anda. Bisa saja di blog membuat cara atau langkah-langkah bermain musik.

Baca juga: Luhut: Dampak Negatif Virus Corona ke Investasi Belum Terasa

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X