Ini Sederet BUMN yang Punya Bisnis Rumah Sakit Besar

Kompas.com - 29/01/2020, 12:06 WIB
RS Pertamina Pusat RS Pertamina PusatRS Pertamina Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana merombak bisnis rumah sakit yang dimiliki sejumlah BUMN. Perusahaan negara yang bergerak di bisnis rumah sakit ini sebenarnya tak bergerak khusus di bidang kesehatan.

Oleh Erick Thohir, rumah sakit yang jadi anak cucu perusahaan BUMN ini akan disatukan dalam satu holding. Sehingga BUMN bisa fokus pada inti bisnis utamanya.

Semangat pembentukan holding rumah sakit BUMN sendiri sebenarnya sudah muncul sejak Menteri BUMN Rini Soemarno.

Holding BUMN rumah sakit ditargetkan bisa selesai pada Juni 2020 mendatang.

Rumah sakit yang dimiliki BUMN ini tersebar di banyak provinsi, dari rumah sakit kecil hingga rumah sakit besar dengan fasilitas dan layanan kesehatan lengkap.

Berikut deretan rumah sakit BUMN yang skala bisnisnya cukup besar di Indonesia:

1. Pertamina

Untuk sektor usaha rumah sakit, Pertamina adalah BUMN yang memiliki jaringan terbesar. Pengelolaan rumah sakit Pertamina berada di bawah PT Pertamina Bina Medika.

Rumah sakit Pertamina banyak tersebar di daerah-daerah yang memiliki kantong-kantong karyawan Pertamina cukup besar, seperti Cirebon, Balikpapan, Jakarta, dan Prabumulih.

Dari deretan rumah sakit besar yang dimiliki Pertamina itu, yang fasilitasnya cukup lengkap di antaranya RS Pertamina Pusat, RS Pertamina Jaya, RS Pertamina Cilacap, RS Pertamina Balikpapan, dan RS Pertamedika Tarakan.

2. Pelni

Berlokasi di jantung kota Jakarta di kawasan Tanah Abang, RS Pelni cukup populer jadi tempat rujukan berobat warga ibu kota.

Rumah sakit milik Pelni ini sebelumnya merupakan rumah sakit tua peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1918.

Dulunya, RS ini bernama KPM Ziekenhuis (rumah sakit KPM) yang khusus beroperasional melayani anak buah kapal dan keluarga dari sebuah perusahaan pelayaran Belanda.

Fasilitas dan layanan di RS Pelni terbilang sangat komplit seperti layanan jantung, mata, endokrin, hati, MCU, dan sebagainya.

3. Antam

Anggota holding BUMN tambang ini memiliki rumah sakit besar di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur yakni RS Antam Medika. 

RS ini memiliki tiga layanan utama yakni layanan umum, layanan penunjang, dan layanan unggulan.

Pelayanan kesehatan umum meliputi, Instalasi Gawat Darurat (IGD), jawat jalan yang terdiri dari poliklinik umum, poliklinik spesialis serta poliklinik subspesialis, rawat inap, rawat intensif (ICU,HCU, PICU dan NICU).

3. Krakatau Steel

Pendirian PT Krakatau Medika merupakan bagian dari proses reorganisasi dan restrukturisasi PT Krakatau Steel (Persero) pada tahun 1996.

Saat itu, perseroan melepaskan unit-unit penunjang yang tidak terkait langsung dengan core business sebagai produsen baja, menjadi anak perusahaan.

Di atas lahan seluas 13,5 hektare, didirikanlah Krakatau Medika Hospital (KM Hospital) yang sebelumnya dikenal dengan nama Rumah Sakit Krakatau Steel (RSKS).

Saat ini Krakatau Medika Hospital (KM Hospital) memiliki kapasitas 282 tempat tidur. Layanan maupun fasilitasnya juga terbilang sangat lengkap.

4. Pelindo II

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) memiliki tujuh rumah sakit, dengan rumah sakit terbesarnya berada di kawasan Tanjung Priok yang lebih dikenal dengan RS Pelabuhan.

Cabang rumah sakit lainnya yakni Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon, Rumah Sakit Pelabuhan Palembang, dan Rumah Sakit Port Medical Center, dan IPC Health Care.

5. Pelindo III

Tak jauh dari kantor pusatnya, Pelindo III mendirikan rumah sakit besar bernama Rumah Sakit Primasatya Husada Citra Surabaya atau RS PHC Surabaya.

Fasilitas di RS ini juga lengkap dan canggih. RS PHC Surabaya menawarkan jasa layanan kesehatan dimana memiliki tim medis yang terdiri dari 40 Dokter Umum, 14 Dokter Gigi, 61 Dokter Spesialis dan 40 Dokter Sub Spesialis.

6. Semen Indonesia

Holding Semen Indonesia memiliki banyak jaringan rumah sakit, salah satu yang terbesarnya yakni RS Semen Gresik yang berada di Jalan Kartini, Gresik.

RS ini bermula dari didirikannya Balai Pengobatan PT Semen Gresik (Persero) yang khusus melayani karyawan dan keluarga karyawan PT Semen Gresik.

RS Semen Gresik kemudian terus berkembang pesat di bawah pengelolaan anak usaha, PT Cipta Nirmala. Rumah sakit besar lain di bawah Semen Indonesia Group antara lain RS Semen Padang Hospital.

BUMN lain

Di luar rumah sakit besar tersebut, sejumlah perusahaan pelat merah lainnya juga memiliki jaringan rumah sakit, meski fasilitas dan layanannya relatif belum selengkap 6 BUMN tersebut.

Beberapa BUMN lain yang memiliki bisnis rumah sakit seperti PT Timah, Holding BUMN Perkebunan atau PTPN, Pelindo I, dan PT Bukit Asam.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X