Luhut: Warga Mandalika yang Tak Punya Tiket MotoGP Bisa Nonton dari Atas Gunung

Kompas.com - 29/01/2020, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan warga sekitar Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap bisa menyaksikan MotoGP Indonesia yang diharapkan bisa terlaksana pada 2021 mendatang.

Luhut menambahkan, konstruksi pembangunan sirkuit MotoGP memang sengaja dibuat secara terbuka di area dekat pinggiran pantai. Berbeda dengan sirkuit lainnya yang mendirikan stadion dan tertutup.

"Bagi rakyat biasa yang nggak beli tiket, karena ini open space bukan stadium, mereka bisa menonton di atas gunung untuk melihat. Ini fantastik. Hanya kebersihannya saya minta dijaga," ujarnya di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Baca juga: Ada Sirkuit MotoGP, Mandalika Bakal Lebih Besar dari Nusa Dua

Dalam persiapan penyelenggaraan MotoGP Indonesia di Mandalika, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) juga melibatkan UMKM dan masyarakat sekitar dalam menyiapkan produk-produk lokal yang dijual melalui sistem e-commerce maupun saat event berlangsung.

Dengan digelarnya ajang balap motor bergengsi MotoGP, yang rencananya akan dilangsungkan pada tahun 2021 mendatang, dirinya berharap akan semakin menggaungkan pariwisata Indonesia di mata dunia.

“Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan, maka kita dorong betul untuk pembangunan sirkuitnya, dan ini adalah sirkuit standar internasional. Persiapannya saya dengar sudah sangat bagus. Memang ini yang pertama di dunia, gelaran MotoGP di pinggir pantai. Dengan adanya ini akan lebih menggaungkan pariwisata Indonesia di dunia,” harapnya.

Saat ini, progres pembangunannya sudah sekitar 40 persen. Termasuk sudah adanya akses langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju KSPN Mandalika.

Sementara untuk sarana penginapan, mantan Menko Polhukam itu mengatakan tidak ada masalah dan telah ditangani oleh Hotel Pullman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.