BKPM Selesaikan 9 Investasi Mangkrak Senilai Rp 189 Triliun

Kompas.com - 29/01/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi FREEPIK/engin akyurtIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengklaim telah berhasil menyelesaikan 9 investasi mangkrak senilai Rp 189 triliun dari total Rp 708 triliun.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, investasi dengan total Rp 189 triliun itu awalnya mangkrak mulai dari 2 tahun hingga 10 tahun.

"BKPM mampu menyelesaikan itu dalam waktu 2 bulan," kata Bahlil saat memaparkan realisasi investasi sepanjang 2019 di Gedung BKPM, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Baca juga: Virus Corona Tak Selesai 2 Bulan, Investasi dari China Bakal Terganggu

Bahlil merinci, 9 proyek investasi yang telah selesai itu salah satunya adalah proyek Lotte Chemical di Cilegon dengan nilai investasi Rp 61,2 triliun.

Permasalahan investasi tersebut karena tumpang tindih lahan. Namun bisa diselesaikan dengan MoU antara PT KS, PT KIEC, dengan PT LCI.

Kemudian ada proyek Tanjung Jati Power (YTL Power) senilai Rp 38 triliun dengan permasalahan tidak diterbitkannya rekomendasi SJKU dari Menteri BUMN. Namun saat ini SJKU telah terbit dari Menteri BUMN Nomor S-851/MBU/11/2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lotte (mangkrak) sudah hampir 4 tahun. Alhamdulillah sudah selesai. Kemudian Tanjung Jati power plant, itu bertahun-tahun tidak selesai," ucap Bahlil.

Baca juga: Setelah 3 Tahun, Masalah Tumpang Tindih Lahan PT Krakatau Steel dan Lotte Selesai

Selanjutnya, ada proyek Masdar Abu Dhabi senilai Rp 1,8 triliun. Rencananya, proyek itu akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara saat rampung.

Penyelesaian proyek dilakukan dengan menandatangani PPA antara PLN dengan Masdar Abu Dhabi tanggal 12 Januari 2020.

Adapula perusahaan PT Vale Indonesia Tbk dengan nilai investasi Rp 39,2 triliun. Permasalahannya pada waktu itu terkait Amdal dan IPPKH, namun, saat ini telah diselesaikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.