Pikirkan Ini Sebelum Terima Tawaran Kerja

Kompas.com - 29/01/2020, 17:15 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah survei dari PricewaterhouseCoopers tahun lalu menyebut hampir setengah dari pencari kerja di AS menolak tawaran kerja setelah sesi wawancara.

Namun ternyata alasan penolakan bukan sebatas manfaat yang kurang baik atau tawaran gaji yang mengecewakan. Hampir setengah dari pencari kerja di AS mengatakan, mereka menolak tawaran karena pengalaman perekrutan yang buruk.

Mengutip CNBC, Rabu (29/1/2020), hal yang membuat para pelamar menolak pekerjaan usai sesi wawancara adalah karena beberapa hal. Misalnya, proses lamaran yang berlangsung lebih dari sebulan. Hal ini tentunya akan menghalangi pelamar kerja untuk mencari peluang kerja lainnya.

Baca juga: 5 Tips agar Wawancara Kerja Kamu Berjalan Lancar

Survei juga menemukan ada 61 persen responden yang memiliki pengalaman dengan perekrut tidak kunjung menghubungi dan merespons mereka setelah wawancara.

Glassdoor, sebuah database karier online, menyarankan enam langkah ini sebelum menerima tawaran pekerjaan:

1. Pikirkan Matang

Sebelum Anda menerima tawaran pekerjaan, langkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan mengenai tawaran pekerjaan baru secara matang

Apakah Anda benar-benar yakin dengan pekerjaan baru segalanya akan beres? Reaksi Anda di awal tentunya apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak pada diri Anda.

2. Pikirkan tentang lingkungan dan tanggung jawab

Dana Manciagli, seorang pelatih karier dan pembicara, menyarankan Anda untuk bertanya pada diri sendiri apakah tanggung jawab pekerjaan itu mampu Anda lakukan setiap hari?

Ia juga menyarankan agar Anda mempertimbangkan pertanyaan lain, seperti kondisi lingkungan dan orang-orang yang bekerja dengan Anda. Apakah mereka tampak menyenangkan ?

3. Dampak pada karir

Gaji memang penting, namun itu bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda pertimbangkan demi kebahagiaan kerja Anda untuk jangka panjang.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X