Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Krakatau Steel, BUMN Baja tapi Jadi Developer Rumah Tipe 52

Kompas.com - 29/01/2020, 17:16 WIB
Muhammad Idris,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk tengah jadi sorotan. Menteri BUMN Erick Thohir memelototi kinerja keuangan yang terus merugi bertahun-tahun serta utang yang menggunung hingga Rp 40 triliun.

Erick Thohir juga menyoroti struktur perusahaan yang gemuk, di mana banyak perusahaan anak dan cucu tak terkait dengan lini bisnis utamanya (core business), yakni industri baja.

Uniknya, meski punya fokus pada industri baja, Krakatau Steel juga merambah bisnis pengembang atau developer perumahan. Di bawah bendera anak usaha PT Krakatau Industrial Estate Cilegon atau KIEC, Krakatau Steel membangun hunian di dua lokasi.

Dilihat dari laman resmi KIEC, perusahaan mengembangkan kawasan perumahan Pejaten Mas Estate di Serang, Banten. Rumah bertipe 52 itu telah terjual habis alias sudah sold out.

"Pejaten Mas Estate, seluas 15 ha dapat dicapai hanya dalam waktu 10 menit dari Cilegon dan 10 menit dari Serang, Ibu Kota Provinsi Banten. Letaknya yang ada di kaki Gunung Pinang, membuat penghuninya selalu dapat menikmati kenyamanan tinggal di nuansa pegunungan," bunyi iklan marketing KIEC.

Screenshot laman KIEC Krakatau SteelScreenshot laman KIEC Krakatau Steel Screenshot laman KIEC Krakatau Steel

Proyek residensial lain yang digarap anak usaha Krakatau Steel ini yaitu Bumi Rakata Asri.

Dalam keterangan KIEC, perumahan ini dapat dijangkau hanya 5 menit dari Kota Cilegon. Selain itu, keistimewaan hunian ini adalah punya akses langsung ke Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon.

"Berada pada kawasan perbukitan yang terpisah jauh dari daerah industri membuat Bumi Rakata Asri menjadi hunian yang nyaman dengan lingkungan yang alami dan asri," bunyi keterangan KIEC dikutip dari laman resminya.

Baca juga: Disorot Erick Thohir, Krakatau Steel Juga Punya Bisnis Lapangan Futsal

Perumahan yang dikembangkan KIEC ini terbilang mewah di kelasnya. Hanya ada 44 unit yang dijual di atas lahan 1,8 hektar dengan dilengkapi kolam renang dan sport center.

Sebagai informasi, seperti dikutip dari Annual Report 2018, emiten bursa berkode KRAS ini tercatat memiliki 11 anak perusahaan 15 perusahaan afiliasi atau bukan pengendali saham mayoritas sebanyak 15 perusahaan.

Jumlah tersebut belum termasuk cucu perusahaan yang dimiliki anak-anak perusahaan yang terdaftar maupun perusahaan afiliasinya. Cucu perusahaan bahkan disebut-sebut sampai 60 perusahaan.

Bisnis lain

Bisnis di luar baja lain yang dimiliki Krakatau Steel yakni rumah sakit. BUMN yang berpusat di Cilegon ini mengoperasikan RS Kratau Medika yang dikelola anak perusahaan PT Krakatau Medika dengan kepemilikan saham 96,93 persen.

Pendirian PT Krakatau Medika merupakan bagian dari proses reorganisasi dan restrukturisasi PT Krakatau Steel (Persero) pada tahun 1996.

Berada di atas lahan 13,5 hektare, rumah sakit ini memiliki kapasitas 282 tempat tidur dengan fasilitas dan layanan yang terbilang lengkap.

Lalu ada usaha properti yang dijalankan anak perusahaan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon atau KEIC.

Baca juga: Saat Erick Thohir Tersenyum Dengar Krakatau Steel Punya 60 Cucu Usaha

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com