Ini 3 Hal yang Bakal Terjadi jika Milenial Melek Keuangan

Kompas.com - 29/01/2020, 18:08 WIB
generasi milenial SHUTTERSTOCKgenerasi milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2020, Indonesia mulai menghadapi fase bonus demografi dengan populasi milenial mencapai sepertiga atau 34 persen dari total populasi.

Hampir semua pelaku industri, termasuk di sektor keuangan, berlomba - lomba untuk menggarap potensi yang menggiurkan dari generasi milenial.

Berbagai pendekatan dan strategi bisnis diimplementasikan agar tetap relevan dengan milenial yang memiliki karakter unik, tumbuh bersama teknologi, dan beraktivitas secara serba digital.

Bagi industri fintech, generasi milenial pun menyumbang persentase basis konsumen yang besar.

Baca juga: Ini Tren Ibu Milenial Masa Kini dalam Berikan Nutrisi Terbaik untuk Anak

Di sisi lain, seringkali generasi milenial dianggap tidak memiliki strategi investasi dan pengelolaan keuangan yang baik. Hal ini juga terlihat oleh temuan berbagai survei di masyarakat.

Pengaruh gaya hidup yang dinamis ditambah minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan menjadi tantangan bagi generasi milenial untuk mengatur keuangan.

General Manager Kredivo Lily Suriani menilai, potensi dan dampak yang luar biasa jika milenial yang melek digital juga mampu menjadi generasi melek keuangan.

“Salah satu faktor pendukung untuk menjadikan sebuah negara sehat secara ekonomi adalah masyarakatnya yang harus  sehat secara finansial," katanya dalam siaran resmi, Rabu (29/1/2020).

Menurut Lily, urgensi untuk membantu milenial agar mampu menerapkan sistem keuangan yang sehat sangat penting dewasa ini.

Hal ini karena pada akhirnya sistem keuangan yang baik dapat memberikan kontribusi yang signifikan tidak hanya bagi individu milenial tersebut, namun juga secara perlahan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara yang berkualitas.

Baca juga: Erick Thohir Rayu Bank Jepang Bantu Program 1 Juta Rumah bagi Milenial

Lalu, seperti apa dampak signifikan yang ditimbulkan ketika milenial yang berjumlah sepertiga dari total penduduk Indonesia ini melek keuangan :

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X