Kepala BKPM: Tenaga Kerja Perempuan Paling Banyak Digantikan Robot

Kompas.com - 30/01/2020, 14:31 WIB
kepala bkpm Bahlil Lahadalia di kemenperin Rina Ayu Larasatikepala bkpm Bahlil Lahadalia di kemenperin

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, tenaga kerja manusia digantikan oleh robot telah terjadi. 

Menurut Bahlil, tenaga kerja yang paling banyak digantikan oleh robot adalah tenaga kerja perempuan.

Namun, tak menutup kemungkinan tenaga kerja laki-laki pun ikut digantikan oleh robot. Hal ini tak lepas dari nilai kemampuan pekerja tersebut serta munculnya teknologi yang terus berkembang.

Baca juga: Kemenaker: Ada 20.000 Tenaga Kerja Bakal Tergantikan Oleh Robot

"Perempuan justru lebih banyak sekarang (digantikan robot). Tapi kalau tidak produktif, skill-nya rendah, maka tidak menutup kemungkinan waktu ke depan, teknologi akan menggantikan kita dan robot-robot itu salah satu yang akan menggantikan itu semua," katanya di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Dia juga menepis omongan terkait tenaga kerja yang memiliki kemampuan minim akan digantikan oleh robot.

Sebab, setinggi apa pun kemampuan tenaga kerja manusia bila tak mampu berpacu terhadap produktivitas serta teknologi bakal tersingkirkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau skill-nya rendah itu bisa digantikan dengan robot, itu sebenarnya saya bercanda aja, ini kan juga sudah terjadi, mau laki-laki atau perempuan kalau tidak meningkatkan produktivitas yang menggantikan kita semua ini adalah robot. Dan sekarang juga sudah banyak," ujarnya.

Baca juga: Penggunaan Robot Pengaruhi Arus Perdagangan dan Investasi

Bahlil pun menjelaskan, realisasi investasi melebihi target tetapi tak sebanding dengan penyerapan tenaga kerja ini disebabkan skill yang belum mumpuni.

"Pertanyaannya adalah kenapa realisasi investasi kurang lebih Rp 809 triliun, tapi serapan tenaga kerjanya hanya 1 juta lebih. Itu substansinya. Saya katakan kalau dulu belum ada teknologi yang menggantikan tugas manusia, tapi kalau sekarang sudah high teknologi," katanya.

Sebelumnya, Bahlil mengakui adanya transformasi digital dalam penyerapan tenaga kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.