Soal Subsidi Elpiji 3 Kg, Pemerintah Diminta untuk Melakukan Hal Ini

Kompas.com - 30/01/2020, 17:10 WIB
Tabung gas LPG berukuran 3 kg ditata di agen gas Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/1/2020). Pemerintah ingin membatasi penyaluran dan penyesuaian harga elpiji 3 kg. KOMPAS.com/M ZAENUDDINTabung gas LPG berukuran 3 kg ditata di agen gas Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/1/2020). Pemerintah ingin membatasi penyaluran dan penyesuaian harga elpiji 3 kg.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah memutar otak untuk mencari cara menekan angka subsidi elpiji 3 kilogram (kg) yang terus meningkat. Pasalnya, angka penggunaan elpiji 3 kg terus meningkat setiap tahunnya.

Tidak tepatnya sasaran penyaluran menjadi salah satu alasan angka konsumsi elpiji melon ini terus naik.

Pengamat Energy dari Universitas Gajah Mada Fahmy Radhi, mengatakan ada beberapa cara untuk menekan angka subsidi elpiji tersebut.

Baca juga: Anggota DPR Minta Pemerintah Kumpulkan Data Sebelum Ubah Skema Subsidi Elpiji 3 Kg

Dalam jangka pendek, pemerintah dapat mengubah skema penyaluran elpiji 3 kg menjadi tertutup. Dengan kata lain, elpiji 3 kg tidak lagi diperdagangkan secara terbuka.

"Menurut saya, jangka pendek ubah sistem distribusi dari terbuka jadi tertutup. Kalau siapapun bisa membeli tanpa sanksi. Di Wonosobo mie ongkol pakai gas 3 kg ada 10 an lebih. Laris sekali, mestinya dia enggak berhak tapi karena enggak ada sanksi," ujar Fahmy di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Sistem penyaluran tertutup ini bisa diimplementasikan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pengenaan barcode.

"Mekanisme banyak cara misalnya barcode tapi harus ada komitmen mau barcode atau digabungkan dalam beras miskin atau penerima subsidi listrik 450 VA," kata dia.

Sementara untuk jangka panjang, pemerintah disarankan untuk mulai menyalurkan gas LNG melalui jaringan gas (jargas).

Baca juga: ESDM: Belum Ada Rencana Perubahan Skema Subsidi Elpiji 3 Kg

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X