Kompas.com - 31/01/2020, 06:29 WIB
Ilustrasi By Aleksandrs Muiznieks/ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki bisnis sendiri memang memberikan kelebihan dan kepuasan tersendiri.

Salah satunya usaha kopi. Beberapa tahun belakangan, usaha kopi memiliki banyak peminat, sejalan bermunculannya kopi kekinian.

Namun, tidak sedikit juga usaha-usaha kopi yang tidak bertahan lama.

Chairman of Executive Board Scopi Irvan Helmi mengatakan, apabila Anda berencana membuka usaha kopi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Baca juga: 2020, Usaha Kopi Masih Eksis?

Pertama, jangan membuka usaha karena ikutan-ikuttan. Sebab, usaha apapun yang dikerjakan bila tidak dibarengi passion dan konsistensi, maka dapat membuat usaha itu cepat surut.

"Jangan karena tetangga buka usaha ini kamu juga ikut-ikutan buka, karena bisnis itu butuh planning atau perencanaan," ujarnya di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Irvan mengatakan, dengan membuat usaha berdasarkan perencanaan artinya usaha tersebut terarah. Perencanaan tersebut misalnya target pasar yang akan dibidik, bagaimana agar target tercapai, dan sebagainya.

Kedua, lanjut Irfan, lakukan analisa dan berevolusi. Analisa dilakukan untuk mengetahui seperti apa gambaran harga pasar, apakah peminatnya ramai atau sepi.

"Kita juga harus siap untuk berevolusi atau bekreativitas. Jangan terpatok dengan satu menu tapi coba untuk mencari menu-menu baru," lanjutnya.

Baca juga: Waralaba Kopi Susu Marak, Sampai Kapan Bertahan?

Ketiga, belajar dan belajar. Menurut Irvan, bisnis kopi tidak pernah ada habisnya. Selalu ada hal unik yang bisa digali, antara lain mengenai rencana industri, cara meracik kopi, dan banyak hal lain.

"Sebenarnya banyak tapi yang paling utama dan penting adalah tiga hal ini, usaha tanpa passion bisa saja tapi tidak bertahan lama dan jangan pernah berhenti untuk belajar," pungkas Irvan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.