IIF Beri Penjaminan Obligasi untuk Emiten Menara Telekomunikasi

Kompas.com - 31/01/2020, 08:33 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Infrastructure Finance meluncurkan produk credit guarantee facility (CGF) yang diberikan kepada PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) senilai Rp 800 miliar.

Fasilitas ini diberikan terhadap instrumen obligasi yang akan segera diterbitkan oleh BALI.

Produk yang diluncurkan oleh IIF ini merupakan produk penjaminan obligasi pertama di Indonesia.

Baca juga: Biayai Proyek Infrastruktur, IIF Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun

Presiden Direktur IIF, Reynaldi Hermansjah menyatakan, dengan skema CGF yang ditawarkan oleh IIF, diharapkan terjadi peningkatan yang relatif baik terhadap tingkat pemeringkatan obligasi yang akan diterbitkan.

"Sehingga dapat memberikan daya tarik yang lebih kepada investor untuk berinvestasi pada obligasi tersebut, selain implikasi pada kupon yang menjadi semakin kompetitif," jelas Reynaldi dalam keterangannya, Jumat (31/1/2020).

Peluncuran produk ini merupakan wujud salah satu peran IIF, yaitu berperan sebagai katalis dan enabler dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya di industri Pasar Modal.

Kehadiran produk CGF ini diharapkan dapat turut semakin mengembangkan pasar obligasi korporasi di Indonesia. Emiten obligasi berpotensi untuk memperoleh peningkatan tingkat pemeringkatan, yang pada akhirnya memperluas investor base yang dapat disasar oleh emiten obligasi tersebut.

Baca juga: Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 1,5 triliun kepada IIF

Saat ini, BALI sedang dalam tahap persiapan penerbitan obligasi korporasi. Tingkat pemeringkatan yang diberikan oleh PT Fitch Ratings Indonesia adalah A.

IIF melakukan pemberian jaminan berupa penanggunan sebesar 50 persen dari nilai emisi. BALI menggaet tiga sekuritas dalam penerbitan obligasi ini, yaitu Mandiri Sekuritas, Trimegah Sekuritas dan Sinarmas Sekuritas.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X