Transaksi Pengiriman Melonjak 650 Persen, Paxel Incar 3 Kota Baru

Kompas.com - 31/01/2020, 12:14 WIB
COO Paxel Zaldhy Ilham Masita saat memaparkan pertumbuhan Paxel di Jakarta, Jumat (31/1/2020). KOMPAS.com/ELSA CATRIANACOO Paxel Zaldhy Ilham Masita saat memaparkan pertumbuhan Paxel di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Paxel, startup logistik, mencatatkan jumlah transaksi pengiriman barang tahun 2019 mencapai 1,5 juta.

Angka tersebut meningkat 650 persen dibandingkan pada tahun 2018 yang hanya mencapai 200.000 pengiriman.

"Mulai dari diluncurkan sejak dua tahun lalu hingga saat ini ada 600.000 user yang menggunakan. Dan total pengiriman same day delivery ada 50 persen yang digunakan untuk mengantarkan makanan, baik beku maupun siap saji," ujar COO Paxel Zaldhy Ilham Masita di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Hemat Biaya Kirim Barang, Manfaatkan Promo Gratis Ongkir Paxel

Zaldhy mengatakan, dengan meningkatnya jumlah user dan transaksi Paxel juga membuat jumlah kurir Paxel bertambah menjadi 1.400 orang. Sementara loker pintar yang menjadi tempat penyimpanan sementara untuk pengiriman Paxel mencapai 263 unit yang tersebar di 12 kota di area Jawa sampai Bali.

Pada 2020, Paxel berencana mengembangkan bisnisnya dengan hadir di wilayah Cirebon, Magelang, dan Pekalongan.

"Dengan menambah dan memperluas Paxel kita berharap dapat membantu ekonomi daerah yang awalnya marketnya terbatas tapi dengan hadirnya Paxel Same Delivery pasti banyak permintaan untuk melakukan transaski," sebutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengiriman Natal dan Tahun Baru

Pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,  Paxel melakukan pengiriman makanan yang berasal dari UKM Indonesia.

Berdasarkan data Paxel Food Journey 2019 tercatat ada 2.286 pembeli yang mengirimkan 3.642 makanan lewat same day delivery.

Adapun jenis makanan yang paling sering dikirimkan melalui Paxel periode Natal dan Tahun Baru meliputi, Cilok Cepot Bandung sebesar 24 persen, Pisang Goreng Bu Nanik sebesar 10 persen, Batagor Kingsley Bandung sebesar 8,5 persen, Brownies Amanda Bandung sebesar 8 persen, Roti Unyil Bogor sebesar 4,2 persen, Bakpia Kukus Tugu Jogja sebesar 1 persen dan banyak lainnya.

Menu Cilok Cepot Bandung paling sering dikirimkan ke Bandung, Bekasi dan Bogor, sedangkan Pisang Goreng Bu Nanik Jakarta dikirimkan ke Bekasi, Bandung dan Tanggerang dan Bebek Sinjay paling banyak dikirimkan ke Bekasi, Bantul dan Tanggerang Selatan.

"Tentunya dengan kehadiran Paxel kita senang karena bisa menyalurkan banyak makanan yang berasal dari UKM Indonesia ke berbagai luar kota, UKM bisa tumbuh dan melakukan ekspansi bisnis dengan memanfaatkan jaringan Paxel yang bisa mengirimkan makanan di hari yang sama" kata Zaldhy.

Baca juga: Paxel: Pembangunan Infrastruktur Permudah Sameday Delivery

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.