Kompas.com - 31/01/2020, 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Jumat (31/1/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.655 per dollar AS naik tipis 0,01 persen dibandingkan penutupan Kamis Rp 13.656 per dollar AS.

Ibrahim Direktur PT TRFX Garuda Berjangka menyebutkan pengumuman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan China bisa "membalikkan arus" dan mengendalikan wabah virus corona membuat optimisme di pasar global.

"Semalam, WHO menyatakan virus yang menyebar cepat sebagai darurat kesehatan global, namun larangan perjalanan dan perdagangan dinilai tidak perlu dkkeluarkan," kata Ibrahim.

Baca juga: Gara-gara Faktur Pajak Palsu, Negara Rugi Miliaran Rupiah

Sementara dari sisi domestik, dengan diumumkan virus corona sebagai darurat kesehatan global, pemerintah akan melakukan rapat kabinet untuk membahas penanggulangan dampak virus corona terhadap kestabilan ekonomi Indonesia.

"Ini bisa menenangkan kondisi pasar dan meyakinkan perekonomian dalam negeri stabil di mana arus modal asing bisa kembali masuk," ungkapnya.

Sementara kurs referensi Jisdor Bank Indonesia hari ini berada di posisi Rp 13.662 per dollar AS melemah dibandingkan kemarin pada 13.652.

Baca juga: Rupiah Diproyeksikan Menguat Sepanjang Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.