Januari Sudah Mau Berakhir, Harga Cabai Masih Tetap Mahal...

Kompas.com - 31/01/2020, 18:08 WIB
Pasar Kebayoran Lama, Jumat (31/1/2020) Wayan AdhiPasar Kebayoran Lama, Jumat (31/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengakhiri bulan Januari nampaknya harga cabai merah di DKI Jakarta belum mengalami penurunan sama sekali dan cenderung naik di angka Rp 90.000 sampai Rp 100.000 per Kg.

Salah satu pedagang di pasar Kebayoran Lama, Artha mengakui sudah sebulan lebih ini harga cabai tak menunjukkan penurunan sama sekali.

"Harganya naik tapi turun sedikit sekarang Rp 90.000, tiga hari lalu Rp 100.000 ribu," ucapnya, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Ini Sebab Harga Cabai Makin Pedas

Sementara pedagang lain menuturkan bahwa selain cabai merah, harga bawang putih juga mulai naik sekitar Rp 5.000.

"Ga tahu kapan cabai turun, tapi ini juga bawang mulai naik dari Rp 40.000 ke Rp 45.000 per Kg," ucap salah satu wanita yang berjualan di pasar tersebut.

Menanggapi harga cabai yang belum turun Menteri Pertanian Agus Syahrul Limpo mengatakan, pihaknya masih akan mengecek mengenai naiknya harga cabai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti saya cek dulu, artinya begini, kita punya arrange naik turun komoditas, kalo naik sekian persen kita biarin, tetapi kalo dia melewati data lebih kita lakukan intervensi melakukan perbanyakan didatangkan dari daerah lain, kalo lewat batas nanti kita intervensi lewat operasi pasar," ucapnya saat ditemui di Grand Ballroom Kempinski, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Cabai Rawit Merah Capai Rp 90.000 Per Kg, Berapa Harga di Petani?
Seperti diberitakan, sejak awal tahun 2020, harga cabai beranjak naik.

Kepala Sub Direktorat (Subdit) Aneka Cabai dan Sayuran Buah Ditjen Hortikultura Kementan Mardiyah Hayati mengatakan memang di musim penghujan ini berbagai daerah sentra cabai belum maksimal untuk panen.

"Musim hujan pemetikan (panen) tidak maksimal, kemudian proses pematangan cabai lebih lama sehingga frekuensi petik berkurang, dan beberapa daerah pertanaman mundur karena musim hujan mundur," ucapnya Jumat (17/1/2020)

Meski demikian ia mengatakan bahwa perkiraannya jika tidak hujan lebat, Febuari ini harusnya beberapa sentra cabai sudah bisa panen kembali, dan harga bisa turun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.