Kompas.com - 01/02/2020, 18:39 WIB
Transsion Screenshot CNNTranssion

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Merek-merek seperti Samsung, Apple atau merek China, Xiaomi tidak dipungkiri merajai pasar handphone (ponsel) global.

Namun tampaknya tren dunia tak memengaruhi benua Afrika khususnya Afrika barat. Ponsel China memang masih merajai, namun mereknya ternyata tidak terkenal bahkan di China.

Adalah Transsion yang merupakan perusahaan China yang sukses menguasai pasar ponsel benua hitam itu.

Meski Transsion sama sekali tak terkenal  di China, merek ini telah mengalahkan  pemain global seperti Samsung dan Apple  di Afrika Barat yang menjadi rumah bagi lebih dari 300 juta orang.

Baca juga: Bermodal Rp 8 Juta, Kini Ibu Rumah Tangga Ini Jadi Miliarder Rusia

Di kota-kota seperti Lagos, Nairobi, dan Addis Ababa, jalan-jalan  sibuk dipenuhi dengan smartphone besutan Transsion, yaitu Tecno.

Di China, perusahaan tersebut tidak memiliki satu toko pun.  Markas besar Transsion terletak  di selatan Shenzhen. Bahkan sebagian besar masyarakat China tidak mengetahuinya karena terhimpit  oleh pencakar langit dengan nama-nama perusahaan teknologi Cina yang lebih ternama

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari CNN (1/2/2020) perusahaan ini mengambil jalan yang berbeda untuk sukses dari pembuat Smartphone China top lainnya seperti Huawei dan Xiaomi, yang dimulai di China sebelum akhirnya berkembang di luar negeri.

Transsion malah memulai membangun bisnisnya di Afrika. Dan tidak ada rencana perusahaan ini untuk pulang kampung.

Lalu apa yang membuat Transsion dengan hp besutannya Tecno menjadi begitu populer bagi rakyat Afrika. Berikut ini kesuksesan smartphone ini bisa laku keras di Afrika.

Baca juga: Pendiri Xiaomi Donasikan Seluruh Bonus Tahunannya Rp 13,6 Triliun

HP selfie khusus orang Afrika

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.